Silaturahim ke Pesantren, Slank Gaet Sinar Mas Tur 4 Kota

 

 

Pada 2017 ini, Slank mengadakan tur ke empat kota dengan mengunjungi pesantren-pesantren. Ide yang sudah muncul sejak 2012 itu, akhirnya bisa terlaksana lagi, dan kali ini Slank menggaet Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

“Musik merupakan bahasa universal yang dapat diterima oleh segala lapisan masyarakat. Kami berharap persatuan dan toleransi dapat menjembatani keragaman yang ada di tengah masyarakat,” kata budayawan Zastrouw Al Ngatawi dalam konferensi pers di Markas Besar Slank, Selasa (5/9) siang.

Dengan tajuk ”Silaturahmi: Merajut Kebangsaan”, kegiatan akan diadakan mulai 12-17 September 2017, dengan mengunjungi pesantren di empat kota, yakni Ciamis, Brebes, Pekalongan, dan Mojokerto. Karena itu, Slank tidak hanya bermusik, tapi juga bersilaturahmi dengan para santri dan masyarakat sekitar. Slank menyambut baik tur yang didukung penuh oleh APP Sinar Mas ini.

“Pada dasarnya kita semua berbeda satu dengan yang lain. Namun selalu ada nilai-nilai cinta kasih, toleransi dan persatuan yang menjembatani perbedaan tadi. Musik dan dialog adalah sebagian cara menyampaikannya,” kata vokalis Slank, Kaka.

Tur ini menurut dia, juga bagian dari tanggung jawab mereka selaku Duta Santri Nasional. Pernyataan senada datang dari Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin yang mengatakan keberagaman harus senantiasa dirawat, agar dapat menjadi sebuah kekuatan.

“Karena perbedaanlah yang membuat kita semakin bersatu dan mendorong kita semakin inovatif. Saling percaya, menghormati, dan bahu-membahu adalah caranya dalam membangun dan berkarya untuk Indonesia. Sinar Mas yang telah berdiri di Indonesia lebih dari 78 tahun hanya satu diantara sekian banyak contoh, dimana sebuah institusi dibangun berlandaskan keberagaman,” ujar Saleh saat dijumpai dalam kesempatan yang sama.

Kemudian, Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata mengatakan nilai-nilai yang kerap di kedepankan Slank menggambarkan apa yang terdapat di lingkup Sinar Mas, dimana keberagaman justru memperkuat upaya membangun bisnis yang berkelanjutan.

“Kami mengapresiasi sosok Slank sebagai salah satu grup musik yang senantiasa konsisten menyuarakan pesan-pesan perdamaian di Indonesia. Dengan menjalin kerja sama dengan Slank sebagai ikon musik Tanah Air, kami berharap dapat ikut menggugah semangat nasionalisme,” kata Suhendra.

Keempat pesantren yang akan disambangi yaitu Pesantren Darussalam di Cujengjing, Ciamis, Pesantren Al Hikmah 2 di Sirampog, Brebes, Pesantren Darussalam di Batang, Pekalongan, dan Pesantren Amanatul Ummah di Pacet, Mojokerto. Silaturahmi: Merajut Kebangsaan berisikan pula kegiatan wakaf Quran dan Juz Amma’, pembagian buku tulis SiDU, serta sumbangan bagi pesantren dan warga sekitar.

[Sumber: Republika]