80 Tahun Sinar Mas Tumbuh Bersama Masyarakat

Delapan dekade sudah Sinar Mas hadir di Ibu Pertiwi. Bermula dari sebuah usaha kecil di Makassar, Sulawesi Selatan, bertumbuh menjadi sebuah perusahaan nasional. Bersama 380.000 insan di seluruh Indonesia, yang tersebar di industri kertas dan bubur kertas, agribisnis dan makanan, komunikasi dan teknologi, properti, jasa keuangan, serta pertambangan dan energi, Sinar Mas coba memberi sumbangsih bagi negeri ini.

Usia 80 tahun hanyalah angka, yang akan bermakna apabila Sinar Mas bisa tumbuh bersama dengan masyarakat di sekitarnya. Sesuai dengan nilai-nilai luhur Sinar Mas yang menjadi pedoman dalam berkarya: integritas, perilaku positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif, dan loyal (setia). Nilai-nilai tersebut membawa Sinar Mas menjalankan praktek bisnis berkelanjutan, di mana perusahaan dan masyarakat beriringan membangun Indonesia, tak saja ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan.

Sebagai contoh, di Kabupaten Humbang Hasundutan, dekat Danau Toba, Sumatera Utara, Asuransi Sinar Mas mendirikan Rumah Kreatif yang menggandeng warga menggali, melestarikan dan memanfaatkan potensi ekonomi seni dan budaya setempat. Sementara Asia Pulp & Paper Sinar Mas sejak 2015 menginisiasi Desa Makmur Peduli Api, sebuah kemitraan bersama penduduk yang hidup di sekitar konsesi. Perusahaan membimbing mereka bagaimana mencegah kebakaran hutan sekaligus memperkenalkan praktik wanatani ramah lingkungan guna memberdayakan perekonomian warga. Hingga akhir tahun ini, program Desa Makmur Peduli Api telah menjangkau 160 desa dengan nilai bantuan sebesar Rp 28,07 miliar.

Melalui Eka Tjipta Foundation telah berdiri ratusan Sekolah Eka Tjipta bagi anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar perkebunan sawit yang dikelola oleh Sinar Mas. Meski berada di pedalaman, sekolah tersebut telah berstandar nasional. Sinar Mas menempatkan kemitraan bersama masyarakat sebagai investasi penting, di mana perusahaan dapat terus tumbuh bersama masyarakat sekitar.

Ada banyak program ekonomi kerakyatan Sinar Mas bersama masyarakat lainnya. Ikuti tagar TumbuhBersama untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru.