Danamas Memudahkan Pelaku UMKM Mengakses Produk dan Layanan Keuangan

Pesatnya perkembangan industri financial technology di Indonesia berapa tahun terakhir menginspirasi Sinar Mas mendirikan PT Pasar Dana Pinjaman atau Danamas pada tahun 2016. Danamas dibentuk agar masyarakat semakin mudah mengakses produk-produk dan layanan keuangan. Danamas merupakan layanan keuangan pinjam meminjam atau peer to peer lending (P2P) yang dapat diakses melalui telepon genggam.

Danamas menyasar pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang memang selama ini kesulitan mengakses dan melakukan transaksi produk-produk keuangan (perbankan). Pada awal perkembangannya, Danamas memberikan pinjaman modal dari masyarakat bagi para penjual dan reseller pulsa. Hingga tahun ini tercatat sudah 4000 reseller pedagang pulsa yang memanfaatkan sumber pendanaan dari pemodal melalui unit usaha Sinar Mas ini.

Melalui Danamas, pemberi dan penerima pinjaman mendapatkan banyak kemudahan. Pemberi pinjaman bisa memberikan pinjaman dengan jumlah minimal kepada banyak peminjam agar resiko dapat tersebar dan dapat menarik dana yang dipinjamkan meski belum jatuh tempo. Sedangkan penerima pinjaman dapat leluasa mengatur pengembalian pinjaman sesuai dengan pendapatan yang diperoleh dan proses pencarian pinjaman pun tidak berbelit-belit.

Hingga tahun ini, jumlah pinjaman yang terealisasi berjumlah 89,485 dengan nilai Rp 386, 2 miliar. Sedangkan jumlah pinjaman lunas sebanyak mencapai 83,987 senilai Rp 373,6 miliar. Jumlah pemodal di Danamas sendiri tercatat sebanyak 12,580 pemodal.

Danamas telah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator di industri keuangan. Izin OJK itu tertuang dalam Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor: Kep-49/D.05/2017 Tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi PT Pasar Dana Pinjaman tanggal 6 Juli 2017.