Dukungan Penuh Bank Sinarmas kepada UMKM Melalui Kredit Usaha Mikro

Bank Sinarmas menyadari bahwa Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Bank Sinarmas mendukung UMKM untuk tumbuh, salah satunya dengan memberikan Kredit Mikro Bank Sinarmas.

Bank Sinarmas melihat UMKM memiliki potensi yang luar biasa apabila didukung. Mengutip data dari Kompas.com, tercatat jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 49 juta dan diprediksi menyerap lebih dari 107 juta tenaga kerja. Kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) pun semakin meningkat dalam lima tahun terakhir di mana Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat lonjakan dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen di tahun 2016.

Bank Sinarmas memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan fasilitas kredit sebagai modal kerja untuk mengembangkan usaha atau investasi sarana pendukung usaha (gudang, pembukaan tempat usaha baru, pembelian mesin, dan seterusnya).

Bank Sinarmas memberikan kemudahan dalam proses peminjaman. Sesudah peminjam menghubungi, pihak Bank Sinarmas akan mendatangi dengan persetujuan cepat. Bank Sinarmas juga memberikan bunga yang kompetitif, pola pembayaran bisa term loan/demand loan/PRK untuk plafond tertentu dan bisa dilakukan Top Up sesuai kebutuhan dan ketentuan.

Pada 2016, total kredit yang disalurkan Bank Sinarmas berjumlah Rp19,1 triliun, meningkat 10,29 persen dibandingkan jumlah kredit di 2015 sebesar Rp17,3 triliun. Sedangkan Pembiayaan terhadap Dana yang Dihimpun atau Loan to Deposit Ratio (LDR) Perseroan mencapai 96,6 persen sepanjang tahun lalu.

Secara total, hingga Juni 2017, Bank Sinar Mas telah menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp2,2 triliun atau 68,5 persen dari total target tahun 2017 yang senilai Rp3,3 triliun. Jumlah ini lebih tinggi 8,1 persen dari penyaluran kredit UMKM di 2016 yang mencapai Rp2,1 triliun.