Sinar Mas Mendukung ITSB Menciptakan Sarjana yang Siap Berkontribusi di Dunia Industri

Perhatian Sinar Mas terhadap pendidikan tidak hanya pada tingkat sekolah dasar dan menengah (Sekolah Eka Tjipta), melainkan juga tingkat perguruan tinggi. Kepedulian itu dibuktikan dengan diinisiasinya pendirian Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) pada 2010 di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. ITSB merupakan sinergi antara pemerintah daerah (Pemerintah Bekasi), swasta (Sinar Mas), dan universitas negeri (Institut Teknologi Bandung) guna menciptakan lulusan berkeahlian yang dibutuhkan pelaku industri.

Bangunan utama kampus ITSB, berlokasi di Kota Deltamas Bekasi, memiliki empat lantai dengan luas 4.000 meter persegi. Kampus yang dapat menampung 400 mahasiswa itu diresmikan pada Desember 2011 yang lalu. Kampus ITSB menjadi kampus pertama yang meraih sertifikasi “Green Building” atau bangunan ramah lingkungan dari Green Building Council Indonesia.

Sertifikasi diberikan karena kampus ITSB berhasil mengkonsumsi energi yang minim, memiliki ruang terbuka hijau serta air buangan tidak langsung dibuang ke tanah tapi ditampung sehingga memungkinkan untuk diserap sumur resapan. Selain itu, ruang kuliah yang dilengkapi pengatur suhu udara (AC) mempunyai sirkulasi udara yang baik. Juga ada taman rambat yang tumbuh vertikal dengan sistem penyiraman melalui pipa.

Sebagai universitas yang bekerja sama dengan ITB, pengajar-pengajar ITSB berasal dari kampus teknik di Bandung tersebut. Tidak hanya itu, sebagai feeder university ITB, mahasiswa ITSB yang berprestasi dan memenuhi syarat dapat ditransfer menjadi mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB. Hal itu sesuai dengan Nota Kesepakatan Bersama No. 143/KO1.1/DN/2010 dan No. 031/ITSB-DN/KS.01/VI/10 tanggal 23 Juni 2010. ITSB saat ini terdiri dari 11 program studi, baik strata satu maupun diploma.

Guna memastikan lulusan ITSB terserap dengan baik di lapangan pekerjaan, Sinar Mas bekerja sama dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI). Lulusan ITSB bisa melakukan magang kerja di perusahaan anggota HKI yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan ITSB. Selain itu, lulusan ITSB juga terserap di unit-unit usaha Sinar Mas.

Eka Tjipta Foundation (ETF) mendukung ITSB dengan menyediakan beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswa ITSB yang berprestasi. ETF merupakan lembaga yang mewadahi kegiatan sosial di pilar-pilar usaha Sinar Mas yang berfokus pada bidang pendidikan, budaya, dan lingkungan. Salah satu mahasiswa ITSB berprestasi penerima beasiswa ETF adalah Tubagus Rohmatullah. Mahasiswa jurusan Desain Produk Industri itu berhasil meraih perunggu pada The 31st China Adolescent Science and Technology Innovation Contest (CASTIC) yang berlangsung pada 13-19 Agustus 2016 di East China Normal University, Shanghai, China. Karyanya Magic Ironing  berhasil mengalahkan karya peserta kontes, seperti India, Swedia, Brasil, Jepang, Jerman, Perancis, China, Luxemburg, Turki, Rusia, Meksiko, Thailand, dan Denmark.


Foto: Tribunnews