Rombong Biru, Pedagang Bersepeda Berseragam Biru di PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Mojokerto.

Ada banyak upaya pilar-pilar usaha Sinar Mas dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan. Di Mojokerto, Jawa Timur, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk mengorganisir para pedagang di sekitar pabrik. Sebelumnya, para pedagang penjual makanan itu memasuki area pabrik secara ilegal dan mengganggu keamanan pabrik.

Melalui program corporate social responsibility (CSR), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk merangkul para pedagang melalui program Rombong Biru. Para pedagang yang berasal dari desa-desa sekitar pabrik disediakan seragam berwarna biru, sepeda, gerobak biru, dan mengatur jadwal mereka memasuki area pabrik untuk menjual makanan buatan mereka kepada para karyawan. Pelatihan diberikan agar para pedagang menjaga makanannya tetap bersih (higienis).

Dengan adanya program Rombong Biru, pedagang lebih mudah mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat. Sebelumnya, para pedagang harus mencari konsumen selama berjam-jam dengan waktu yang tidak menentu. Penghasilan yang didapat bahkan tidak menentu.

Para karyawan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk diuntungkan dengan hadirnya Rombong Biru karena mereka tidak perlu pergi jauh untuk mencari makanan. Harga makanan yang ditawarkan Rombong Biru cukup murah.