Konservasi Hutan: APP Raih Penghargaan GRI

JAKARTA – Asia Pulp & Paper (APP), bagian dari Sinarmas, menerima penghargaan penerapan dini standard Global Reporting Initiatives (GRI) pada Sustainability Reporting Awards (SRA).

Penghargaan ke-5 yang diterima APP dari SRA itu merupakan apresiasi terhadap APP sebagai salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan Standar GRI untuk pelaporan keberlanjutan. Standard GRI diluncurkan awal 2017 oleh GRI, sebuah organisasi independen tingkat dunia yang bergerak di bidang standardisasi pelaporan keberlanjutan untuk menggantikan versi sebelumnya, yakni Panduan G4.

GRI merekomendasikan penerapan dini versi terbaru standard GRI yang sebetulnya akan efektif secara resmi mulai 1 Juli 2018. APP pun menerapkan standar terbaru ini dalam penyusunan laporan keberlanjutan 2016.

“Kami merasa terpacu dengan penghargaan spesial dari Sustainability Reporting Awards tahun ini atas penerapan Standar GRI dalam penyusunan laporan keberlanjutan terbaru kami,” papar Manajer Keberlanjutan APP Sera Noviany dalam siaran pers, Minggu (25/2/2018).

Menurut dia, langkah menerapkan Standar GRI secara dini mencerminkan komitmen APP dalam menjalankan bisnis bubur kertas dan kertas yang berkelanjutan berdasarkan standard akuntabilitas dan transparansi tertinggi.

Dalam laporan keberlanjutan 2016 yang dirilis tahun lalu, APP menjabarkan pencapaian dalam memenuhi komitmen perusahaan, termasuk kebijakan konservasi hutan dan roadmap keberlanjutan visi 2020.

Tahun lalu menjadi tahun pertama APP menerapkan revisi pendekatan keberlanjutan di pabrik secara menyeluruh, yang berkontribusi mewujudkan penggunaan energi dan intensitas karbon yang lebih baik. Pada tahun yang sama, APP juga telah merampungkan Rencana Pengelolaan Hutan Lestari yang Terintegrasi (ISFMPs) yang berlaku untuk seluruh pemasok kayu pulp APP.

“Dengan hadirnya ‘satu bahasa’ yang berlaku di tingkat global seperti Standar GRI, perusahaan-perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya kini dapat mendiskusikan pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih, serta upaya yang harus ditempuh selanjutnya secara terukur dan lebih produktif,” papar Noviany.

Dirintis oleh National Center for Sustainability Reporting, ajang penghargaan SRA memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang mengomunikasikan inisiatif keberlanjutan serta perkembangan mereka melalui mekanisme, seperti laporan keberlanjutan dan situs perusahaan. Ajang ini bertujuan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNSDG), sebuah komitmen yang juga dimiliki oleh APP.

Sebelumya, APP memenangkan penghargaan Khusus untuk praktik terbaik pada ajang SRA 2016 atas kebijakan konservasi hutan.

Sumber: Bisnis.com