Sinar Mas Land Bangun Silicon Valley di Indonesia

Era dunia digital mendorong masyarakat maupun perusahaan mengembangkan inovasi baru demi menyelaraskan kemajuan teknologi. Hal itu juga dilakukan Sinar Mas Land sebagai pengembang dengan membangun sebuah smart digital city di Indonesia.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan misi untuk membangun Digital Hub, yakni lingkungan ala Silicon Valley di Indonesia. Silicon Valley adalah pusat teknologi di AS dimana banyak perusahaan teknologi global dan perusahaan rintisan berkantor.

Irawan mengatakan Sinar Mas Land kini tengah menyiapkan tanah seluas 26 hektare untuk membangun kota cerdas terkoneksi secara digital tersebut. “Dunia kini tengah bertransformasi ke dunia digital. Maka dari itu, kami siap menjawab tantangan dengan membangun Digital Hub untuk menjadikan BSD City sebagai pionir smart digital citydi Indonesia,” kata Irawan di Gedung Sinar Mas Land, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (21/10).

Irawan menjelaskan, Digital Hub merupakan sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat pada era teknologi digital. Nantinya, kata dia, proyek pembangunan yang direncanakan selesai dalam 10 tahun itu juga didukung dengan infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta lokasinya yang strategis, dan kemudahan akses. Selain itu, Digital Hub juga dilengkapi dengan koneksi jaringan fiber optic.

“Digital Hub ini sebagai penunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, dari perusahaan startup, pemimpin teknologi, hingga institusi pendidikan yang bergerak pada bidang IT science,” ujar Irawan.

Dari sisi akses transportasi, lanjut Irawan, pihaknya juga telah menyiapkan inovasi baru yakni smart city car untuk digunakan di dalam lingkungan Digital Hub. Selain itu, mobil cerdas tersebut juga terintegrasi dengan akses di luar lingkungan Digital Hub.

“Kita kerja sama dengan para konsultan berpengalaman dan menjamin semua fasilitas terlengkapi seperti transportasi, tempat hiburan, kesehatan, pendidikan, perumahan, serta pergudangan,” kata Irawan.

Hal senada diungkapkan Chief Technology Officer Sinar Mas Land Irvan Yasni. Irvan mengatakan dalam mengembangkan smart digital city, pihaknya tidak hanya menyediakan jaringan infrastruktur teknologi. Menurutnya BSD City, khususnya Digital Hub, juga akan dilengkapi penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City.

“Paling utama kita lakukan pembangunan fiber optik dan kemudian kita bangun seluruh perangkat yang akan mendukung lingkungan Digital Hub,” kata Irvan.

Irvan menambahkan, keuntungan komunitas maupun masyarakat yang berada dalam lingkungan Digital Hub maupun BSD City tidak perlu merasa khawatir dengan jaringan internet. Irvan menjamin pihaknya menyediakan fasilitas jaringan internet terbaik dengan kecepatan maksimal. “Kita bangun jaringan internet melalui fiber opticdengan kecepatan satu gigabyte per second,” katanya.

Sinar Mas Land pun berharap BSD City khususnya Digital Hub menjadi perintis dan tempat berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai event di bidang teknologi seperti Indonesia e-Commerce Summit and Expo (IESE) dan Indonesia Fintech Festival and Conference.

(Sumber: Republika )