APP Sinar Mas Bantu Atasi Kebakaran Hutan di Sumsel Jelang Asian Games 2018

Jakarta, 18 Juli 2018 –Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko ‘Jokowi’ Widodo, yaitu no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan padamusim kemarau tahun ini.

 

“APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap. Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,” ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka.

“Hari ini, kami telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas. Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar diluar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini

Investasi pencegahan karhutla dari APP Sinar Mas di Sumatera Selatan dialokasikan untuk:

  • Edukasi kepada masyarakat sekitar wilayah konsesi terhadap pemahaman kebakaran hutan dan lahan
  • Pembangunan 13 menara api baru setinggi 32 meter dengan radius pantau 10 km, jumlah total 16 menara api
  • Pembangunan 25 pos pantau baru dengan mini tower setinggi 12 meter, jumlah total 52 pos pantau
  • Menyiagakan personel regu pemadam kebakaran selama 24 jam, serta penambahan personel RPK sebanyak 460 orang (selain 2.700 personel RPK APP Sinar Mas yang sudah ada)
  • 4 helikopter
  • 42 orang pasukan khusus pemadam kebakaran
  • Pembelian berbagai peralatan pemadam kebakaran, mobil tangki, air boat, dan motor

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi. Kedua strategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyampaikan, APP Sinar Mas akan terus berperan aktif untuk membantu pencegahan serta penanggulangan karhutla baik di wilayah konsensi maupun di luar konsensi APP Sinar Mas. Hal ini adalah realisasi komitmen No Fire – No Haze dari APP Sinar Mas untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan pergelaran Asian Games 2018.

“APP Sinar Mas sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa turut membantu untuk mengatasi pengendalian karhutla jelang Asian Games 2018. Kami akan terus mengerahkan bantuan agar situasi kebakaran dapat tertangani dengan baik.”

Perusahaan juga terus melakukan koordinasi serta bekerja sama dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mencegah dan menangani karhutla di seluruh wilayah operasi. Hal ini sejalan dengan komitmen perlindungan hutan APP Sinar Mas yang tertuang dalam Forest Conservation Policy (FCP).