Tumbuhkan Nasionalisme Siswa untuk Asian Games Lewat “Ayo Menulis Bersama SiDU!”

Jakarta, 26 Juli 2018 – Siswa-siswi dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek hari ini menyampaikan surat dukungannya bagi para atlet nasional yang akan berlaga di Asian Games 2018. Inisiatif bertajuk ‘Sejuta Dukungan Untuk Indonesia’ ini adalah salah satu kontribusi APP Sinar Mas melalui merk buku tulis unggulannya, Sinar Dunia (SiDU), untuk menggalang dukungan masyarakat bagi Indonesia selaku tuan rumah pesta olahraga bergengsi Asia tersebut.

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Pemuda & Olah Raga Indonesia Imam Nahrawi memberikan apresiasinya, “Saya sangat bangga melihat anak-anak kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah tergerak menuliskan ribuan surat untuk mendukung para atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018.”

“Ratusan hari, ribuan jam latihan telah mereka lewati untuk sampai di Asian Games dan saat ini mereka membutuhkan dukungan dari semua kalangan untuk melewati batas kemampuannya. Saya yakin, surat dukungan dari anak-anak kita ini akan memberikan dampak emosional yang kuat dalam membangun mentalitas bertanding para atlet. Saya berharap anak-anak lainnya di seluruh Indonesia terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, yaitu memberikan dukungan dan doa untuk para atlet yang akan bertanding.”

Dalam kesempatan yang sama, Cahyadi Wanda, Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC menegaskan pentingnya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018.

“Kami selaku panitia penyelenggara mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU untuk menggalang dukungan masyarakat hingga ke tingkat siswa-siswi sekolah dasar. Kami berharap momentum Asian Games 2018 dapat memperkuat semangat nasionalisme bangsa ini, khususnya generasi muda, untuk senantiasa mengharumkan nama Indonesia,” ujar Cahyadi.

Mewakili rekan-rekan atlet yang berlaga di Asian Games 2018, atlet nasional Indonesia cabang bola basket Vincent Kosasih menyampaikan, “Membaca surat dukungan dari anak- anak Indonesia di program ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!’ menginspirasi saya untuk semakin bersemangat mengharumkan nama bangsa. Dukungan masyarakat ini menjadi motivasi utama saya untuk berjuang sebaik-baiknya di Asian Games 2018!”

Ribuan surat dukungan anak-anak untuk para atlet Indonesia tersebut merupakan bagian dari gerakan nasional ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!”.

“Kami merasa terhormat dapat berkontribusi menumbuhkan nasionalisme generasi muda Indonesia di momentum Asian Games 2018 ini, salah satunya lewat gerakan nasional yang kami rintis untuk memperkuat budaya menulis pada anak,” ujar APP Sinar Mas Consumer Business Unit Head Sovan K. Ganguly.

“Kami berharap, lewat inisiatif ini, kami bisa menggalang dukungan bagi para pahlawan modern dalam rupa atlet nasional kita, sembari menyiapkan anak-anak Indonesia untuk menjadi generasi pahlawan berikutnya. Salah satunya, dengan membangun kebiasaan menulis untuk meningkatkan kompetensi,” lanjut Sovan.

SiDU percaya bahwa menulis di atas kertas memiliki tiga manfaat utama untuk membangun kompetensi anak, yaitu meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan kreativitas. Selain itu, menulis juga dapat menyalurkan sisi emosional anak secara positif. Inilah yang melatarbelakangi SiDU untuk meluncurkan gerakan nasional ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!” pada September 2017.

Sejalan dengan kepedulian SiDU untuk meningkatkan kompetensi siswa Indonesia, SiDU mengintensifkan gerakan nasional tersebut sejak April 2018. Melibatkan 20.000 murid dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek, modul baru gerakan ini mencakup pemberian buku latihan menulis untuk anak, serta pendampingan anak secara intensif bersama orang tua dan guru. Di dalamnya, terdapat berbagai topik menarik untuk memancing minat menulis anak, mulai dari mengenal diri sendiri, hingga perhelatan Asian Games 2018 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah.

Selain melalui gerakan tersebut, APP Sinar Mas melalui SiDU juga turut menggalang perhatian dan dukungan masyarakat lewat peluncuran produk kertas multifungsi dengan kemasan edisi khusus Asian Games 2018. Tak hanya itu, APP Sinar Mas juga menyediakan 20.000 rim produk PPC SiDU untuk mendukung kegiatan operasional ajang olahraga terbesar se-Asia ini.

“Selama lebih dari tiga dekade, SiDU telah menemani kegiatan menulis konsumen mulai dari usia sekolah hingga bekerja melalui berbagai inovasi, produk, dan program edukatif. Sejalan dengan APP Sinar Mas, kami terus berkomitmen untuk mendukung Indonesia menuliskan masa depannya, termasuk lewat inisiatif seperti hari ini,” tutup Sovan.

 

Kunjungi website Untukmu Indonesiaku