Melayani Masyarakat dalam Bakti Sosial Kesehatan Umum

Barisan relawan dalam menebar cinta kasih melalui bakti sosial kesehatan umum kembali digelar oleh para relawan dari wilayah Kalimantan Timur 1 dan wilayah Kalimantan Timur 2. Kegiatan baksos kesehatan umum merupakan satu kegiatan rutin yang diadakan oleh kedua wilayahrelawan Tzu Chi Sinar Mas tersebut setiap tahunnya.

Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yang hanya dipusatkan pada satu lokasi saja, tahun ini relawan mengadakan kegiatan baksos di dua lokasi pada hari yang bersamaan, di Desa Long Segar dan dan Desa Makmur Jaya, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Dengan dilaksanakannya kegiatan baksos di dua lokasi sekaligus pada tanggal 11 Agustus 2018 ini, para relawan ingin meringankan beban masyarakat setempat dalam hal akses dan lamanya waktu tempuh dalam menjangkau lokasi baksos.

“Kalau dari Long Segar ke lokasi Desa Makmur Jaya, itu butuh waktu kurang lebih 2 jam. Kita ingin hadir lebih dekat dengan masyarakat yang membutuhkan pengobatan”, ungkap Suryanto Bun, CEO Perkebunan Sinar Mas Kalimantan Selatan dan Timur yang juga sebagai pembina Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas di wilayah tersebut.

Secara rutin mengadakan kegiatan Baksos, memberikan kesan tersendiri bagi Suryanto. “saya sangat bersyukur bisa turut membantu mewujudkan harapan masyarakat disini yaitu kebutuhan akan pengobatan ditengah keterbatasan akses rumah sakit”, tambahnya.

Para relawan dan relawan Dharma Wanita saling bahu membahu dalam pelaksanaan kegiatan. Penjemputan pasien, pendaftaran, pemeriksaan, pengobatan hingga penghantaran pasien kembali ke tempatnya dilakukan relawan dengan bahu membahu.

 

Dalam kegiatan baksos di Desa Makmur Jaya, sebanyak 63 relawan melayani masyarakat di kecamatan Kongbeng dan Muara Wahau dengan total pasien yang ditangani sebanyak 671 pasien. Kegiatan baksos ini sudah merupakan sebuah kegiatan rutin dan ditunggu oleh masyarakat sekitar.

”Saya dulu pernah dibantu Tzu Chi dan Sinar Mas untuk pengobatan mata saya, walaupun sudah selesai, tetapi saya masih selalu berhubungan dengan relawan dari Tzu Chi Sinar Mas”, ujar Badrun, salah seorang pasien yang telah mengikuti kegiatan baksos sejak dua tahun terakhir.

Badrun adalah pasien operasi katarak yang sebelumnya telah dibantu oleh relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah Kalimantan Timur 1. Jalinan jodoh Tzu Chi Sinar Mas dengan Badrun berbuah kebaikan lainnya. Pada saat kegiatan baksos dilaksanakan, Badrun turut berpartisipasi dalam mengantar pasien ke lokasi kegiatan baksos.

Sementara itu, walaupun kapasitas tempat kegiatan baksos di Desa Long Segar lebih kecil dari baksos di desa Makmur Jaya, sebanyak 268 pasien menghadiri baksos dan ditangani oleh 50 relawan.

 

Kebanyakan dari pasien yang diperiksa dan diobati di dua  lokasi baksos mengalami penyakit ringan seperti flu, deman, dsb. Selain itu, terdapat juga yanga mengalami beberapa penyakit degeneratif, seperti asam urat, kolesterol, diabetes, dsb. Bagi pasien yang mengalami penyakit berat, seperti jantung, ISPA, penyakit jamur kronis akan difasilitasi ke rumah sakit terdekat oleh relawan sebagai upaya lanjutan.