Pengalaman 25 tahun Sinar Mas Oleochemical Menjadi Solusi Satu Pintu Memenuhi Permintaan Oleokimia Global

Fasilitas produksi oleokimia Sinar Mas Agribusiness and Food merayakan ulang tahunnya yang ke 25 tahun, dengan memperkenalkan nama barunya yaitu Sinar Mas Oleochemical.

Dalam membangun bisnis oleokimia, 25 tahun yang lalu, Franky O. Widjaja, CEO dan Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food, telah menetapkan langkah-langkah untuk mentransformasi perusahaan dari sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit Indonesia menjadi pemain bisnis agro global yang terpadu dengan keberadaan kantor di delapan negara di seluruh Eropa, Amerika dan Asia, dan penjualan produk di lebih dari 70 negara.

“Industri oleokimia telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan diversifikasi bisnis kami. Tidak hanya sebagai bagian dari cerita dan sejarah kami, tetapi juga sebagai bagian dari rencana kami untuk masa depan. Masa depan yang akan membutuhkan modernisasi dan penerapan perkembangan digital sehingga perusahaan dapat memproduksi produk yang berkelanjutan kepada pelanggan dengan waktu respons yang lebih cepat pada tingkat kualitas tertinggi,” kata Jesslyne Widjaja, Director of Corporate Strategy and Business Development Sinar Mas Agribusiness and Food.

Oleokimia yang berbahan baku sawit merupakan komponen penting untuk produk perawatan pribadi, makanan dan minuman, produk rumah tangga, minyak dan gas dan banyak lagi produk lainnya. Dewasa ini, konsumen semakin sadar dengan pentingnya pengelolaan lingkungan dan teredukasi dengan baik tentang kesehatan dan keamanan, semakin banyak konsumen yang mencari bahan yang lebih aman, terbarukan, dan alami dalam produk yang mereka gunakan, terutama yang mereka aplikasikan pada kulit dan rambut mereka. Oleokimia yang berbahan baku tanaman, mudah terurai secara biologis, sebuah kualitas yang penting karena dunia terus bergulat dengan limbah dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh populasi global yang terus tumbuh yang pada akhirnya mencemari air atau tanah.

Selama 25 tahun beroperasi, pabrik Sinar Mas Oleochemical telah memperoleh segudang sertifikasi, mulai dari ISO 9000 hingga yang sedang diproses saat ini ISO 55000 untuk manajemen energi dan konservasi. Hal ini menjadi salah satu pendorong perusahaan raksasa global dan pelaku bisnis utama di wilayah regional melakukan kemitraan.

“Industri oleokimia kami bertujuan untuk menyediakan solusi satu pintu bagi mereka yang membutuhkan oleokimia untuk mendukung pengembangan produk mereka sendiri. Saat ini, lebih dari 80 persen produk kami diekspor ke luar negeri dan kami ingin terus memperluas penawaran produk dan pasar kami sesuai dengan visi awal Pak Franky,” kata Madeline Tan, CEO Sinar Mas Oleochemical.

Sinar Mas Oleochemical memproduksi Fractionated and Distilled Fatty Acids dan Glycerine, juga Soap Noodles, yang berasal dari perkebunan besar yang dioperasikan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food. Sebagian besar produk Sinar Mas Oleochemical diekspor ke luar negeri, termasuk Jepang, Korea, Taiwan, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah dan lain-lain. Sisanya diserap oleh pasar lokal.