Asuransi Sinar Mas Selenggarakan Pelatihan Membatik

PT. Asuransi Sinar Mas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dan Batik Alleira menyelenggarakan Pelatihan Membatik di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Seni dan keterampilan teknik membatik yang lebih dikenal sebagai ciri khas Jawa dicoba untuk diperkenalkan kepada masyarakat di Humbang Hasundutan. Pelatihan diberikan oleh team dari Batik Alleira berupa teori dan teknik membatik mulai dari teknik batik tulis hingga batik cap.

“Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas selalu berusaha memberikan berbagai pelatihan keterampilan kepada masyarakat Humbang Hasundutan. Harapan kami pelatihan ini bisa diaplikasikan oleh peserta sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru, dapat terlahir UMKM baru serta mendukung terciptanya industri kreatif dengan menampilkan ciri khas lokal “, jelas Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Mas.

“Tahun 2016 lalu, Rumah Kreatif Sinar Mas telah mendesain beberapa motif kain batik dengan menampilkan ciri khas Humbang seperti kopi, kuda, pedang Sisingamangaraja, bunga harmonting, ikan ihan, Danau Toba. Motif batik ini kami lihat cukup dapat diterima oleh masyarakat lokal. Kami harapkan nantinya bisa muncul kreasi motif baru dari pelatihan ini”, lanjut Dumasi.

Rumah Kreatif Sinar Mas sejak tahun 2016 telah mengadakan berbagai pelatihan seperti Pelatihan tie dye dengan konsep eco fashion dan zero waste , Pelatihan kemasan dengan daur ulang kertas, Pelatihan inovasi dan diversifikasi produk berbasis kopi, Pelatihan pengembangan kemasan produk dan Pelatihan Bahasa Inggris.

Kegiatan – kegiatan di Sentra yang ada Rumah Kreatif Sinar Mas juga mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat setempat. Saat ini sedang berjalan pelatihan menenun kain songket dan pelatihan budidaya kopi Arabika.