Berburu Pahala Ramadan ala Sinar Mas

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok yang ketersediaan dan harganya perlu dijaga, terutama di bulan Ramadan. Untuk itu, Sinar Mas mengadakan Bazaar Rakyat setiap tahunnya di berbagai kota.

Serba-Serbi Bazaar Rakyat

Bazaar Rakyat bukan sekadar bazar. Acara ini digelar sejak 2005 di berbagai kota di Indonesia sebagai komitmen untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan minyak goreng selama bulan Ramadan. Di setiap titiknya, minyak goreng kemasan FILMA dan Kunci Mas dijual dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, Sinar Mas telah mendistribusikan lebih dari 30 juta liter minyak goreng.

Serba-Serbi Bazaar Rakyat

Karena dianggap telah membantu kehidupan masyarakat, acara Bazaar Rakyat pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2008 sebagai perusahaan yang konsisten dan berkesinambungan menyalurkan minyak goreng murah bagi kaum miskin.

Managing Director Sinar Mas G. Sulistyanto saat menerima penghargaan MURI di tahun 2008

Di Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi, Bazaar Rakyat kembali berlangsung. Salah satu titik pelaksanaan adalah di lingkungan Madrasah Mu’allimin, Patangpuluhan, Yogyakarta, Senin (13/5/2019). Pada kesempatan ini, Sinar Mas menyediakan sebanyak 3.000 liter minyak goreng kemasan seharga Rp 8.000 per liter.

“Bazar dan wakaf hari ini adalah sebagian dari upaya kami untuk peduli dan berbagi kepada masyarakat sekitar. Seperti yang pernah Buya sampaikan pada kami, jika seluruh komponen bangsa, termasuk sektor privat mesti mengambil peran dalam mengurangi kesenjangan sosial, juga ekonomi,” jelas Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin disela mendampingi H. Ahmad Syafii Maarif yang lebih dikenal sebagai Buya Syafii Maarif melayani warga sekitar.

Selain bazar, di tempat yang sama, Sinar Mas melalui Yayasan Muslim Sinar Mas juga mewakafkan secara simbolik 1.000 mushaf Alquran kepada Buya Syafii Maarif yang nantinya akan diteruskan ke sejumlah masjid dan madrasah di Yogyakarta.

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin bersama Tokoh Muhammadiyah Buya Syafii Maarif melayani warga (Sumber: Dokumentasi Sinar Mas)

“Kegiatan ini adalah kesempatan bagi Sinar Mas menjalankan program corporate social responsibility yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. Sembari mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, beserta semangat berbagi dan silaturahim dengan sesama di bulan Ramadan,” Saleh menambahkan.

Sebagai informasi, Bazaar Rakyat didukung oleh salah satu pilar usaha Sinar Mas, yaitu PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART) yang menyediakan beragam minyak goreng kemasan, seperti Filma, Kunci Mas, ataupun Mitra.

Sedangkan Alquran yang diwakafkan merupakan dukungan dari Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Seluruh kertas Alquran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika. Dibawah naungan Yayasan Muslim Sinar Mas, kegiatan wakaf Alquran telah menyalurkan lebih dari satu juta mushaf Alquran, Juz Amma, serta Alquran Braille ke seluruh Indonesia.