81 Tahun Sinar Mas Berbakti Membangun Negeri

Sinar Mas bertambah usia menjadi 81 tahun. Artinya, sudah lebih dari delapan dekade Sinar Mas hadir di Ibu Pertiwi. Untuk itu, kami dengan segala kerendahan hati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah menjadi bagian dari perjalanan kami. Kami akan terus #BerbaktiMembangunNegeri untuk Indonesia yang lebih baik.

Berawal dari tahun 1938, Sinar Mas memulai langkah kecilnya di Makassar. Kini bersama masyarakat, Sinar Mas telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan nasional. Bersama kurang lebih 380.000 insan di seluruh Indonesia, yang tersebar di industri kertas dan bubur kertas, agribisnis dan makanan, komunikasi dan teknologi, properti, jasa keuangan, serta pertambangan dan energi, Sinar Mas coba memberi sumbangsih bagi negeri ini.

Sesuai dengan nilai-nilai luhur Sinar Mas yang menjadi pedoman dalam berkarya: integritas, perilaku positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif, dan loyal (setia), nilai-nilai tersebut membawa Sinar Mas menjalankan praktek bisnis berkelanjutan, di mana perusahaan dan masyarakat beriringan membangun Indonesia, tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan.

Sebagai contoh, di Kabupaten Humbang Hasundutan, sebuah kawasan di dataran tinggi di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, Asuransi Sinar Mas mendirikan Rumah Kreatif yang menggandeng warga dalam menggali, melestarikan, dan memanfaatkan potensi ekonomi seni dan budaya setempat.

Sementara itu, Asia Pulp & Paper Sinar Mas sejak 2015 menginisiasi Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sebuah kemitraan bersama penduduk yang hidup di sekitar konsesi. Perusahaan membimbing masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar sehingga dapat semaksimal mungkin mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hasilnya, hingga akhir 2018 lalu, perusahaan berhasil menurunkan angka kebakaran hutan hingga mendekati target zero fire pada periode berjalan.

Tidak hanya itu, DMPA juga memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengelola lahan dengan metode agroforestri, yakni bercocok tanam tumpangsari hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan, dan perikanan; juga industri kecil-menengah untuk olahan pangan, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual sebagai alternatif sumber penghasilan keluarga. Sampai tahun 2018, telah terdapat 527 peserta perempuan dari 51 desa yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Hingga Juni 2019, APP Sinar Mas melalui program DMPA telah menyalurkan dana Rp 45 miliar ke lebih dari 17.000 kepala keluarga di hampir 300 desa yang tersebar di Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau dan Sumatra Selatan.

Di ranah pendidikan, melalui Eka Tjipta Foundation, telah berdiri ratusan Sekolah Eka Tjipta bagi anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar perkebunan sawit yang dikelola oleh Sinar Mas. Meski berada di pedalaman, sekolah tersebut telah berstandar nasional.

Dalam rangka ulang tahun yang ke-81 ini, Sinar Mas mengundang Anda semua untuk berkenan berpartisipasi dalam memeriahkan dengan mengikuti beberapa lomba berikut ini:

1. Lomba Foto #SahabatSinarMas

Jadilah #SahabatSinarMas dengan mengunggah foto Anda bersama produk-produk Sinar Mas setiap hari selama periode kuis berlangsung. Foto dengan cerita menarik akan memenangkan hadiah-hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp1.000.000
  • Juara 2: Rp750.000
  • Juara 3: Rp500.000
    (Pajak ditanggung oleh pemenang)

Syarat dan Ketentuan:

  • Peserta wajib mengikuti semua aset digital milik Sinar Mas (Instagram, Facebook, Twitter, Youtube).
  • Upload foto bersama produk Sinar Mas selama periode kuis berlangsung dengan yang produk berbeda setiap
  • harinya.
  • Tulis caption dengan format: Nama (Spasi) Domisili (Spasi) Alasan menyukai produk Sinar Mas (Spasi) Mention 3 orang teman (Spasi) #81TahunSinarMas #SahabatSinarMas #BerbaktiMembangunNegeri
  • Peserta hanya boleh mengupload 1 (satu) foto selama periode kuis per harinya.
  • Periode kuis 7 – 15 Oktober 2019.
  • Pastikan akun media sosial Anda tidak dikunci.
  • Pemenang akan ditentukan oleh Sinar Mas dan tidak dapat diganggu gugat.

 

2. Kompetisi Sinar Mas Song Cover
Sinar Mas Song yang sehari-hari kita dengar dan akrab disebut sebagai “Hymne Sinar Mas” diciptakan oleh Vincentia Arie, seorang karyawan Sinar Mas Land pada tahun 2006. Anda ditantang untuk meng-cover lagu tersebut ke dalam versi favorit Anda dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp10.000.000
  • Juara 2: Rp7.500.000
  • Juara 3: Rp5.000.000
    (Pajak ditanggung oleh pemenang)

Syarat dan Ketentuan:

  • Peserta wajib mengikuti semua aset digital milik Sinar Mas (Instagram, Facebook, Twitter, Youtube).
  • Peserta membuat video cover Sinar Mas Song dengan minimal durasi 1 menit dan maksimal 3 menit.
  • Sebagai panduan, video yang berisi lirik dan cara menyanyikan dapat ditonton di sini atau melalui video di bawah ini. Sedangkan chord dan notasinya dapat Anda unduh di sini.
  • Mengunggah video cover Sinar Mas Song dengan format: Nama (spasi) Domisili (spasi) Genre Musik (spasi) Mention 3 orang teman (Spasi) #81TahunSinarMas #SMCoverCompetition #BerbaktiMembangunNegeri
  • Peserta boleh meng-cover dengan berbagai kategori genre musik dan diperbolehkan tampil dalam format solo/duo/group.
  • Peserta hanya boleh mengupload 1 (satu) video cover.
  • Periode kuis 7 Oktober – 30 November 2019.
  • Pemenang akan ditentukan oleh juri dari Sinar Mas dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Selamat berkarya dan semoga beruntung!