10 Siswa SD Lolos Audisi Bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019

Sinar Mas Land berkolaborasi dengan atlet bulutangkis senior Candra Wijaya (peraih Medali Emas Kategori Ganda Putera di Olimpiade Sydney 2000 dan Juara Dunia 1997) dalam penyelenggaraan acara Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara 2019.

SML Mencari Juara 2019 dikhususkan bagi anak-anak Sekolah Dasar usia 8-11 tahun yang berasal dari kawasan BSD City dan sekitarnya. Program tersebut merupakan ajang pencarian bakat bulutangkis dan berlangsung pada 16 Oktober 2019 hingga 16 November 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat Berdikari, Sehat dan Damai) yang bertujuan untuk membangun kekeluargaan dan solidaritas masyarakat di sekitar kawasan BSD City. Tidak hanya itu, program ini diharapkan mampu menciptakan sikap toleransi serta keberagaman dan kebersamaan di masyarakat.

Dalam acara ini, tim pencari bakat menyelenggarakan audisi umum kepada 1.200 peserta yang terdiri dari 6 Sekolah Dasar (SD) di BSD City dan sekitarnya, yaitu SD Negeri Setu, SD Negeri Jelupang 02, SD Negeri Rawa Buntu 1, SD Negeri Cicalengka, SD Negeri Pagedangan III dan terakhir SD Negeri Lengkong Gudang.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diseleksi langsung oleh Sang Atlet Juara Dunia menuju babak penyisihan. Ke-10 pemenang ajang pencarian bakat bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019 ini mendapatkan hadiah sebesar Rp. 163,000,000 yang dikonversi menjadi pelatihan dan pembinaan bulutangkis intensif selama satu tahun.

Candra Wijaya (peraih Medali Emas Kategori Ganda Putera di Olimpiade Sydney 2000 dan Juara Dunia tahun 1997) memberikan pengarahan di audisi final beasiswa bulutangkis di Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Center, Sabtu (16/10).

Dalam audisi final SML Mencari Juara 2019 yang berlangsung di Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Center – DCWIBC pada Sabtu (16/11), telah terpilih 10 penerima beasiswa. Mereka adalah Muhammad Rizky Fahreza – SD Negeri Setu, Richard Fraderic Ghani – SD Negeri Jelupang 02, Kenan Athaya Celio – SD Negeri Rawa Buntu 01, Maudina Nur Wellyandari – SD Negeri Cicalengka, Rafa Herdian Sanjaya – SD Negeri Lengkong Gudang, Muhammad Raffa A Nugroho – SD Negeri Batan Indah, Fernando Rodriguez Sitanajah – SD Negeri Cilenggang 02, Wildan Nurazzis – SD Islam Terpadu Annajah, Almer Haidar Santosa – SD Negeri Lengkong Wetan 02 dan Muhammad Al Nur – SD Negeri Rawa Buntu 03. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa pelatihan bulutangkis selama satu tahun di DCWIBC serta dibimbing langsung oleh Candra Wijaya dan tim pemandu bakat bulutangkis. Kesepuluh penerima beasiswa juga diberikan uang saku selama proses pelatihan berlangsung.

Sebanyak 1.300 siswa dan siswi Sekolah Dasar di BSD City bersaing untuk meraih beasiswa bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa-siswi, guru serta sekolah yang terlibat dalam agenda sosialisasi. Hal ini dapat tercermin dari antusiasme murid dan guru dalam melakukan persiapan menjelang audisi seperti revitalisasi lapangan bulutangkis, memperbaharui kelengkapan alat-alat pendukung hingga stamina serta semangat juang para peserta.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengucapkan selamat kepada 10 peserta putera dan puteri penerima beasiswa bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019.

“Selamat kepada peserta yang lolos menerima beasiswa pelatihan bulutangkis yang digagas oleh Sinar Mas Land. Bagi para peserta yang tidak lolos screening, jangan kecil hati, tetap semangat, kesuksesan tidak bisa diraih dengan mudah, harus dengan pengorbanan dan perjuangan. Sebaliknya, untuk para peserta yang telah lolos, jangan terlena karena perjuangan masih panjang untuk menjadi atlet berprestasi kebanggaan Indonesia. Saya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land karena memiliki cita-cita yang sejalan melalui program Sinar Mas Land Mencari 2019 untuk menciptakan atlet juara dunia khususnya di bidang olahraga bulutangkis.” ujar Candra Wijaya.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land juga ikut mengucapkan selamat kepada 10 peserta putera dan puteri penerima beasiswa bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019. “Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kekeluargaan dan solidaritas masyarakat di sekitar kawasan BSD City mulai dari usia anak-anak melalui bidang olah raga,’’ tambahnya.


Program SATU BSD

Sinar Mas Land pada tahun 2017 lalu meluncurkan program di bidang Community Development bernama SATU BSD (Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat, Damai). Program ini bertujuan untuk meningkatkan rasa memiliki antar warga serta menggali potensi terkait kehadiran Kawasan BSD City. SATU BSD memiliki tiga pilar utama yaitu Berdikari, Sehat dan Damai, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan pengembangan masyarakat dengan landasan semangat “Unity in Diversity”.

Pilar pertama dari SATU BSD adalah Berdikari yang mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Pilar ini memiliki beberapa program unggulan seperti Pasar Rakyat School, Pendidikan & Pelatihan Beasiswa Coding. Pasar Rakyat School merupakan program pelatihan (workshop) bagi pedagang UMKM di pasar-pasar rakyat di seluruh Indonesia. Selanjutya, kegiatan Pelatihan Beasiswa Coding yang bekerja sama dengan Techpolitan dan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) memberikan beasiswa coding kepada masyarakat di sekitar kawasan BSD City. Program beasiswa ini sudah dilakukan sebanyak lima kali dengan penerima beasiswa sejumlah 70 orang. Beberapa penerima beasiswa telah disalurkan untuk bekerja di beberapa perusahaan berbasis teknologi seperti Telkom Sigma.

Pilar kedua adalah Sehat, yang mengedepankan kesehatan warga BSD City dan sekitarnya. Program unggulan dari pilar ini adalah Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara, Bakti Sosial Lintas Organisasi, hingga festival hijau. Progam SML Mencari Juara bekerja sama dengan Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Centre, menyelenggarakan kompetisi bulu tangkis yang menargetkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kawasan BSD City. Program ini diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet unggul dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Tidak hanya itu, dalam pilar ini juga menghadirkan program Bakti Sosial (Baksos) Lintas Organisasi yang melibatkan Eka Tjipta Foundation, Yayasan Buddha Tzu Chi, Eka Hospital, Yayasan Muslim Sinar Mas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Baksos ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum dan gigi gratis, bagi seluruh warga yang tinggal di sekitar Kawasan BSD City.

Guna mendukung upaya pelestarian lingkungan, Sinar Mas Land telah menyelenggarakan program penghijauan Stadion Benteng Taruna, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dengan menanam 1.000 batang pohon di kawasan pusat olahraga tersebut. Tidak hanya itu, perusahaan juga melakukan sejumlah kegiatan dalam upaya merealisasikan Program CSR Bidang Lingkungan, yaitu Festival Hijau, rutin diselenggarakan sejak tahun 2004. Kegiatan ini merupakan upaya dari Sinar Mas Land dalam mengampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, dan sebagai bentuk gerakan moral, penghargaan, dan promosi terhadap semua aspek lingkungan hidup.

Pilar yang tidak kalah penting adalah Damai. Pilar ini juga menaungi acara Nonton Bareng (NoBar) Film Animasi Nasional dan Berantas Buta Al-Qurán (BBQ). Acara nobar menampilkan film animasi unggulan karya anak bangsa yang berjudul “Battle of Surabaya”. Dalam setiap penayangan film, Sinar Mas Land mempertemukan ratusan anak dari beberapa sekolah untuk dapat saling bertemu dan berbagi kebahagiaan bersama. Sementara itu, program Berantas Buta Al-Qurán (BBQ). Kegiatan tersebut, bekerjasama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa memberikan Training of Trainer (ToT) cara cepat dan mudah membaca Al-Qurán dengan menggunakan metode Mama Papa. Kedepan para peserta diharapkan dapat memahami ajaran islam yang rahmatan lil aalamin (menjadi rahmat bagi alam semesta). Kegiatan tersebut menargetkan oleh ratusan ustad dan guru mengaji dari 77 masjid di sekitar kawasan BSD City. Para ustad dan guru mengaji yang telah mengikuti ToT Mama Papa diwajibkan untuk mengajarkan kembali kepada santri atau murid di Masjid nya masing-masing.

Sinar Mas Land juga mengadakan acara rutin Buka Puasa Bersama Karyawan Sinar Mas Land yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan anak yatim. Selain itu, setiap tahun perusahaan juga melakukan pembagian hewan qurban kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan proyek Sinar Mas Land pada Hari Raya Idul Adha.