Hutan Kertas, Destinasi Wisata Alam di Karawang

Sebuah tempat wisata populer dan murah meriah hadir di Kota Pangkal Perjuangan – julukan untuk kota Karawang. Namanya adalah Hutan Kertas. Destinasi wisata alam ini terletak di Kampung Gintung, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel.

Pintu Masuk Hutan Kertas Karawang di Malam Hari (Foto: IG @hutankertas)

Tempat ini dinamakan ‘Hutan Kertas’ karena kawasan tersebut ditanami pohon Eukaliptus, bahan baku untuk produksi kertas. Kawasan hutan kertas itu sendiri dimiliki oleh PT Pindo Deli. Perusahaan telah melakukan penanaman pohon Eukaliptus sejak tahun 2004 silam, dengan tujuan sebagai stok bahan baku produksi, serta kawasan penghijauan.

Fasilitas di Hutan Kertas (Foto: IG @hutankertas)

Pada 2017, sekelompok pemuda setempat berinisiatif untuk mengubah kawasan tersebut menjadi tempat wisata. Tangan-tangan kreatif mereka berhasil ‘menyulap’ hutan Eukaliptus menjadi lokasi yang makin asri, rapi, bersih, dan Instagramable.

“Hutan Kertas ini dinamakan ya dari banyaknya pohon kertas. Cuma dulu tidak sebagus ini, masih banyak rumput rumput liar gitu,” ucap Agung, salah satu pendiri Hutan Kertas.

“Awalnya ini jadi tempat camping para komunitas dan nongkrong anak anak sini, terus kita lihat potensi dari pohon-pohon yang tertata rapi dan menarik, kita buatlah tempat ini jadi tempat wisata,” lanjut Agung.

Bersantai di Hutan Kertas Karawang (Foto: IG @hutankertas)

Pemuda setempat pun bergerak untuk membangun satu persatu fasilitas, mulai dari membangun beberapa titik untuk swafoto, memasang hammock, balon-balon lampion dan tulisan-tulisan menarik, sampai payung warna-warni. Baru-baru ini juga terdapat kafe untuk bersantai dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas Hiburan di Hutan Kertas Karawang (Foto: IG @hutankertas)

Bahkan, mereka juga menyediakan panggung terbuka lengkap dengan bangku-bangku kayu, termasuk kebutuhan sound system. Pengelola Hutan Kertas sangat terbuka bagi siapapun yang ingin mengadakan kegiatan di sana.

Hutan Kertas buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB. Harga tiketnya bervariasi. Saat Weekday pengunjung dikenakan Rp10.000 per orang, sedangkan saat Weekend, pengunjung dikenakan sebesar Rp15.000 per orang. Buat yang mau melakukan sesi pemotretan prewedding, ada harga khusus, yaitu Rp150.000 per lima orang.

“Semua properti yang terdapat di dalam Hutan Kertas ini murni dibeli melalui uang tiket masuk wisatawan. Jadi semakin banyak pengunjung yang datang, ya semakin cepat pula perkembangan yang ada di Hutan Kertas ini”, ujar Agung.

Karena pengunjung yang semakin banyak, Hutan Kertas kini semakin maju. Para pengelola berhasil melahirkan enam anak usaha lainnya, antara lain Bengkel Hutan Kertas Motor, Hutan Kertas Cafe, Hutan Kertas Pengrajin Kayu, Hutan Kertas Wedding Organizer dan Hutan Kertas Sepatu. Semuanya dikelola anak-anak muda setempat. Benar-benar anak-anak muda yang menginpirasi.

Sudah siap untuk berakhir pekan dengan mengunjungi Hutan Kertas?