Sinar Mas Land Sentuh UMKM Berikan Edukasi

Sebagai bentuk dari usaha untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM), pengembang terkemuka di tanah air, Sinar Mas Land mengadakan kegiatan “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern BSD City.

Kegiatan pembekalan pengetahuan tersebut, diadakan sekali setiap bulannya dengan berbagai topik diantaranya seputar pengembangan usaha kecil dan pengenalan bahan berbahaya yang terdapat di bahan pangan yang kerap beredar di tanah air.

Kali ini Sinar Mas Land bekerja sama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang-Banten, memberikan edukasi dengan materi-materi pengenalan zat-zat berbahaya di dalam makanan ke para pedagang di Pasar Modern BSD City.

Diharapkan melalui kehiatan ini, setelah mendapatkan pengetahuan para pedagang lebih memperhatikan bahan makanan dan minuman yang akan diproduksinya serta dijualnya kemudian.

Untuk diketahui, Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004 diatas lahan seluas3,2 ha. Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yangcitranya kumuh menjadi pasar tradisional modern yang lebih tertata rapih dan bersih di kawasan BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan serta pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Disisi lain, pasar modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta, sehingga sejak diluncurkan hingga saat ini, pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

Selain itu Kementerian Perdagangan akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di Bumi Serpong Damai, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Kerja sama itu meliputi bantuan design engineering detail (DED) untukbeberapa tipe pasar tradisional. Pemerintah menjadikan pasar modern BSD City sebagai “benchmark” untuk pengelolaan pasar tradisional namun memiliki standar modern.

(Sumber: Harian Terbit )