Q Big BSD City Retail Complex Terbesar di Indonesia

Sinarmas Land resmi membuka Q Big, retail complex dengan konsep power center di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Kehadiran Q Big menjadi retail complex pertama dan terbesar di Indonesia.

“Sinarmas Land menghadirkan inovasi baru dalam bidang retail, yaitu Q Big, BSD City,” kata CEO Retail dan Hospitalitiy Sinarmas Land, Alphonzus Widjaja.

Kehadiran Q Big ini, katanya, dapat membawa perubahan kepada seluruh pihak, di antaranya, pihak retailer. Dengan adanya Q Big, retailer dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda kepada penunjung.

“Karena sekarang tidak hanya bisa mengandalkan produk yang bagus dan pelayanan prima, pengalaman costumer juga pentig. Maka dengan pengalaman yang berbeda, retailer bisa menjadi lebih sukses lagi,” Alphonzus.

Sementara dari dari sisi costumer, menurutnya, Sinarmas Land bertekad melalui Q Big masyarakat dapat menikmati pengalaman berbeda dan mencari kebutuhan di berbagai retail terlengkap serta terkemuka.

Keberadaan Q Big pun diharapkan dapat menggeser destinasi pusat belanja. Selama ini, destinasi belanja hanya di Jakarta. “Destinasi belanja bisa bergeser ke wilayah Tangerang, atau sekitar Jabodetabek,” ujarnya.

Alphonzus berharap, Q Big dapat merangsang perekonomian sektor informal di sekitar BSD. Dia sangat meyakini, hal itu akan seegra terwujud. “Diharapkan dengan keberadaan Q Big, maka sektor informal ikut bergerak. Di sekitar lokasi akan ada kos-kosan, warung makanan, dan lain sebagainya,” kata Alphonzus.

Q Big pun diyakini dapat menyerap tenaga kerja berjumlah besar, hingga 5 ribu pekerja. Dengan demikian, keberadaan Q Big akan berkontribusi menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang.

Terpisah, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengapresiasi Sinarmas Land. Menurutnya, Q Big mampu memberikan warna baru bagi masyarakat terhadap tempat belanja yang memiliki suasana baru.

“Saya menyampaikan apresiasi karena berbeda. Dalam teori marketing disebutkan harus menampilkan sesuatu hal yang berbeda dan itulah yang dilakukan oleh Q Big,” kata Enggar.

Tidak hanya itu, inovasi baru tersebut juga bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi pengusaha properti pusat perbelanjaan. Sebab, kecenderungan masyarakat yang lebih memilih berbelanja online, tidak mau nerkunjung ke pusat perbelanjaan.

“Itu yang dilakukan oleh Q Big. Karena kalau hanya menampilkan tempat belanja, maka belum tentu akan didatangi. Harus ada tempat hang out, berkumpul, kuliner,” ujar dia.

Hal serupa juga disampaikan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Lebih spesifik, dia menilai keberadaan Q Big mampu meningkatkan ekonomi dan mengurangi pengangguran.

“Kami pemerintah daerah selalu memberikan dukungan dalam pengembangan di daerah ini. Seperti tadi yang dibicarakan bahwa ini pun nantinya akan dirasakan manfaatnya oleh Kabupaten Tangerang, yaitu perkembangan ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja,” kata Ahmed Zaki.

Zaki mengungkapkan, saat ini jumlah pengangguran di Kabupaten Tangeran sekitar 6,8 persen dari 3,7 juta jiwa penduduk. “Ini merupakan salah satu alat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran,” ucapnya.

(Sumber: Harian Terbit )