Silaturahim Sinar Mas dengan PBNU

Bulan suci Ramadan menjadi momentum terbaik untuk memperkuat ibadah sekaligus mengencangkan ikatan silaturahim dengan sesama. “Bagi entitas bisnis seperti kami, silaturahim sedapat mungkin dilakukan dengan seluruh kalangan, melalui beragam cara,” ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin yang bersama jajaran manajemen Sinar Mas mengunjungi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Kramat Raya, dan diterima oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj.

Menurutnya, kunjungan ke PBNU menjadi salah satu prioritas mengingat kedua entitas memiliki latar belakang kemitraan yang cukup beragam. Selain yang bersifat sosial melalui Bazaar Rakyat dengan menyalurkan minyak goreng kemasan dengan harga murah bagi warga masyarakat, terdapat pula dukungan dalam aktivitas peribadatan berbentuk wakaf mushaf Al Quran. Tercatat, di pengujung Mei, Sinar Mas mewakafkan 5.000 mushaf kepada PBNU.

Turut dibahas sore ini adalah seputar pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui kemitraan di sektor ritel berbasis komunitas, yakni RW Mart. Karena berbasis komunitas, minimarket ini tak memakai skema franchise, dimana keuntungan penjualan akan dikembalikan ke komunitas tadi melalui koperasi yang dibentuk terlebih dulu. Mempekerjakan warga sekitar, keberadaannya juga dijadikan wahana pendidikan dan pelatihan kewirausahaan. Sinar Mas memberikan dukungan infrastruktur teknologi informasi, manajemen operasi serta distribusi logistic, berikut pelatihan sumber daya manusia.

Pada kesempatan yang sama, Sinar Mas melalui PT Smartfren Telecom Tbk juga menyerahkan dana zakat senilai lebih dari Rp 200 juta yang berasal dari pengumpulan otomatis melalui kartu telepon seluler prabayar, KARTU UMMAT, kepada Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah NU (LAZIS NU). “Kemitraan Sinar Mas dengan PB NU selama ini berbentuk terobosan yang mampu meningkatkan meningkatkan kualitas hidup dan ibadah warga nahdliyin, dan masyarakat luas pada umumnya. Dari sisi kami, bentuknya mengedepankan apa yang selama ini terkait dengan produk dan jasa yang disediakan Sinar Mas,” tutup Saleh Husin.

 

Sinergi dengan Nahdliyin

Sinergi diantaranya melalui penyediaan kartu seluler prabayar oleh PBNU dan PT Smartfren Telecom Tbk bernama KARTU UMMAT yang memberikan kemudahan kepada para para penggunanya untuk melakukan hubungan telepon secara gratis ke sesama pemakai KARTU UMMAT lainnya. Para pengguna KARTU UMMAT akan menghasikan zakat 2,5% tanpa mengurangi isi pulsa yang dibeli saat melakukan pengisian pulsa, dimana penyaluran zakat kepada kalangan yang membutuhkannya,  dilakukan melalui  PBNU.

Sementara Wakaf Al Quran, mendapat dukungan dari Asia Pulp & Paper (APP) dimana seluruh Al Quran diproduksi menggunakan Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP), jenis kertas yang dikembangkan APP melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Tangerang guna menjawab kebutuhan umat muslim akan kertas berkualitas, dengan tekstur dan kualitas cetak khusus. Sebelumnya, Sinar Mas sejak 2008, dengan dukungan pilar bisnisnya, telah mewakafkan lebih dari 500.000 mushaf Al Quran di berbagai kota, baik bagi lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, sosial serta potensi masyarakat lainnya, termasuk diantaranya Al Quran edisi braille untuk tuna netra.

GP Ansor menyalurkan seluruh Al Quran tersebut ke pesantren yang tersebar di berbagai wilayah yang tersebar di 10 provinsi, yakni Muara Bungo,  Jambi,  Perawang,  Riau,  Ogan Komering Ilir,  Sumatera Selatan,  Banjarmasin,  Kalimantan Selatan,  Palangkaraya,  Kalimantan Tengah,  Pontianak,  Kalimantan Barat, Samarinda,  Kalimantan Timur, Yogyakarta, Mojokerto, Jawa Timur dan  Serang, Banten.

Sebelumnya, Sinar Mas juga turut menyemarakkan Kongres Gerakan Pemuda Ansor ke-15 di Yogyakarta, 26 November 2015 dengan mewakafkan 10.000 mushaf Al Quran sekaligus memberikan bantuan renovasi bagi sejumlah pesantren dan sarana peribadatan di bawah pengelolaan GP Ansor yang sempat rusak karena dampak kebakaran lahan.

Bersama warga Nahdliyin Sinar Mas sempat melakukan Bazaar Rakyat bersama Yayasan PUAN Amal Hayati dan Gerakan Pemuda Ansor di sejumlah lokasi, menyalurkan minyak goreng murah dalam kemasan bagi warga masyarakat .

Selain itu terdapat pula minyak goreng Bintang 9, yang dilakukan menggandeng PT SMART Tbk. Keistimewaan minyak goreng ini, disamping terbuat dari bahan pilihan, juga menjadi satu satunya minyak goreng yang turut mendorong pengamalan tausiyah karena bacaan tausiyah dicetak pada kemasan produk tersebut. Kedua produk ini diluncurkan pada Maret 2012 silam.

 

(Sumber: Pressrelease Sinar Mas )