APP Sinar Mas dan Pemkot Tangsel Donasikan 4.000 Mushaf Al Quran

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendonasikan 4.000 mushaf Al Quran, memberikan 65.600 buku tulis serta pemberian santunan untuk anak-anak yatim piatu di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Acara yang berlangsung di Masjid Agung Al-Jihad Ciputat ini turut dihadiri oleh perwakilan Asia Pulp & Paper Sinar Mas yakni Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin serta perwakilan aparatur daerah dan tokoh masyarakat.

“Kami senang dapat berbagi kebaikan dan memberi manfaat melalui donasi Mushaf Al Quran ini. Hal ini merupakan komitmen kami untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air,” ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2017).

APP beri santunan ke anak-anak yatim piatu di Tangsel
APP beri santunan ke anak-anak yatim piatu di Tangsel Foto: Dok. Sinar Mas

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang juga hadir memberi apresiasi kepada unit industri APP Sinar Mas yang beroperasi di Tangsel, Indah Kiat Pulp & Paper-Tangerang yang telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 mendata ada sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia yang belum dapat membaca Al Quran. Sedangkan data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Al Quran di Indonesia mencapai 2 juta mushaf per tahun, sementara daya cetak baru 300 ribu setiap tahunnya. Karena itu, APP Sinar Mas mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al-Quran bagi umat muslim di Indonesia.

APP beri santunan ke anak-anak yatim piatu di Tangsel
APP beri santunan ke anak-anak yatim piatu di Tangsel Foto: Dok. Sinar Mas

Sejak 2008 sampai dengan tahun ini, APP Sinar Mas telah mendonasikan 600 ribu mushaf Al Quran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra. Selain mendonasikan mushaf Al Quran, sampai dengan tahun ini APP juga telah mendonasikan 120 ribu Buku Cara Membaca Al-Quran Bagi Anak-Anak dan Juz Amma, serta 700 set Al-Quran Braile bagi tuna netra.

Kertas Al Quran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper-Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber, dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 % dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Al Quran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Al Quran di dunia sejak tahun lalu.

Penyaluran donasi Al-Quran dengan kertas premium ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerja sama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam menyediakan Al Quran untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim di Tanah Air.

 


[Sumber : Detik]