PT SMART Tbk. Hasilkan Benih Sawit Unggulan Terbaru

 

Masih rendahnya produktivitas kebun sawit nasional yang baru mencapai 3,8 ton CPO/ha/tahun, menjadi alasan salah satu produsen benih sawit nasional ini yaitu PT SMART Tbk. untuk terus menghasilkan produksi benih sawit unggul. Upaya mencari bahan tanaman unggul sawit ini dilakukan lantaran potensi produktivitas kelapa sawit bisa mencapai hasil lebih dari saat ini. Bahkan negara tetangga saja produktivitas kebun sawitnya telah mencapai 4,8 ton CPO/ha/tahun.

Rendahnya produktivitas ini juga menjadi alasan sebagian pengelola perkebunan kelapa sawit, utamanya petani, untuk terus meningkatkan produksi minyak sawitnya dengan memperluas lahan (ekstensifikasi). Padahal, kondisi saat ini dengan regulasi ketat dan lahan yang sudah tidak lagi mudah didapat, mendongkrak hasil produksi tidak lagi mudah dilakukan dengan cara menambah lahan baru. Sehingga kedepan peningkatan produksi minyak sawit nasional masih bisa dilakukan hanya saja dengan memperbaiki potensi produktivitas dari bahan tanamannya.

 

 

Melihat kondisi demikian, semenjak 1997 lalu, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk., berupaya melakukan riset untuk menghasilkan benih sawit unggul. Terbukti semenjak saat itu riset benih sawit yang dilakukan perusahaan membuahkan hasil. Benih sawit unggul bernama Dami Mas 1 hingga 4 pun menjadi buah kerja keras perusahaan dengan potensi produksi minyak mencapai 7,5 sampai 8 ton CPO/ha/tahun. Tidak puas hanya menghasilkan benih sawit dengan produktivtas mencapai 8 ton CPO/ha/tahun, maka di tahun 2007 lalu, PT SMART Tbk sepakat untuk mengembangkan benih sawit unggul dengan teknologi kultur jaringan (kuljar).

Direktur Utama PT SMART Tbk., Daud Dharsono mengatakan, disamping terus memproduksi benih sawit unggul dengan teknologi konvensional, juga pihaknya terus berupaya untuk menghasilkan benih sawit unggul dengan potensi produksi yang mampu melebihi benih sawit unggul dari hasil teknologi konvensional.

[Sumber: Info Sawit]