Bazaar Minyak Goreng Murah di Rorotan dan Kalibaru, Jakarta Utara Komitmen Kepedulian Terhadap Sesama

星期三, 16 十二月 2009

Jakarta, 9 September 2009. Ketika sektor industri berlomba membangun keberlanjutan usaha mereka, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit serta produk turunannya menyandarkan diri pada kaidah Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai sebuah wahana global yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam industri sawit, sekaligus mengharuskan seluruh anggotanya menyelaraskan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dalam upaya memenuhi kebutuhan dunia terhadap minyak sawit yang terus meningkat. Pada bagian lain, pemerintah menginisiasi program stabilisasi harga guna menyediakan pasokan minyak goreng yang memadai dengan harga terjangkau, khususnya di bulan Ramadhan saat kebutuhan akan komoditas ini di masyarakat senantiasa meningkat.

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk.) mencoba mempertemukan ke dua hal tadi dengan bentuk bazaar minyak goreng murah yang dilakukan dalam bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Sebuah upaya yang mengharuskan adanya komitmen, konsistensi serta determinasi yang tinggi, terlebih pada saat harga minyak goreng sebagai kebutuhan pokok masyarakat masih dirasakan terlalu tinggi, sehingga pendistribusiannya harus mampu menjangkau setiap pelosok wilayah yang membutuhkan pasokan secara berkesinambungan.

“Sebagai sebuah industri yang beroperasi berdasarkan prinsip agribisnis terbaik sesuai kaidah RSPO, PT SMART Tbk. selalu menyandingkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan guna mencapai produksi minyak sawit yang lestari. Satu pendekatan diantaranya adalah melalui kegiatan bazaar minyak goreng yang kami jadikan bagian dari program CSR perusahaan sejak tahun 2005 silam. Tujuannya guna membantu masyarakat luas mendapatkan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau, terlebih di bulan Ramadhan,” kata Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto secara terpisah.

Tidak hanya di bulan Ramadhan, Sinar Mas telah terlibat dalam berbagai operasi pasar serta bazaar sepanjang empat tahun terakhir, mengandalkan produk bermerek Filma dan Kunci Mas, termasuk hingga digunakannya merek “Minyakita” secara resmi pada akhir Januari lalu, khususnya dalam kegiatan di lokasi yang belum terjangkau produk “Minyakita”. Tahun ini tercatat telah terdistribusikan lebih dari 508 ribu liter minyak goreng. Sementara sebelumnya, sejak dari tahun 2005 hingga 2008, Sinar Mas telah menyalurkan sekitar 26,5 juta liter minyak goreng bagi warga masyarakat kurang mampu, baik melalui kegiatan bazar serta operasi pasar di berbagai kota sebagai bagian dari kegiatan CSR sekaligus dukungan atas program stabilisasi harga.

Bazaar di Kelurahan Rorotan dan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara yang di dukung Smart Telecom ini, memberi kesempatan bagi warga untuk membeli minyak goreng kemasan seharga Rp 7.000 per liter. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Sri Hartati Fauzi Bowo beserta jajaran pemerintah Kodya Jakarta Utara dan perwakilan manajemen Sinar Mas lainnya. Keseluruhan disediakan tidak kurang dari 5.000 liter minyak goreng. Kemitraan bersama PKK DKI Jakarta sebelumnya telah dijalin dalam bazaar di Jembatan Besi, Kali Anyer, Cipinang Besar Utara, Cawang, dan segera dilanjutkan di Manggarai dan Manggarai Selatan.

“Kami berharap harmoni antara aspek kegiatan usaha yang melibatkan para pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, lingkungan dan sudah pasti masyarakat, mampu membangun dan memelihara keberlanjutan usaha. Sebagai bagian dari CSR, pendistribusian minyak goreng harus berada pada lokasi yang tepat, menjangkau khalayak yang paling membutuhkan. Setelah sekian tahun, memegang kuat komitmen sangatlah penting, itu sebabnya kami melibatkan seluruh unit usaha yang tersebar di berbagai kota termasuk bermitra dengan berbagai pihak yang memiliki kepedulian serupa,” ujar G. Sulistiyanto. Sinar Mas selalu meyakini jika kemitraan dan koordinasi adalah kunci keberhasilan dalam mengatasi kondisi serta dinamika yang beragam di lapangan. Dengan komitmen untuk selalu peduli terhadap sesama yang terjaga dan berkelanjutan, Sinar Mas berharap stabilisasi harga berikut ketersediaan pasokan minyak goreng segera tercapai dan tidak ada lagi masyarakat yang terbebani © 2009

Kepedulian di bulan Ramadhan. Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto (…) tengah melayani penjualan minyak goreng bersama Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Sri Hartati Fauzi Bowo (…) di … (9/9). Sinar Mas sejak tahun 2005 telah mendistribusikan sekitar 27 juta liter minyak goreng murah sebagai bagian CSR perusahaan, bermitra dengan beragam pihak, antara lain Tim Penggerak PKK DKI Jakarta yang dalam bentuk bazaar di 10 lokasi. Terlebih di bulan Ramadhan saat kebutuhan dan harga minyak goreng umumnya melonjak.