Mendekati Hari Raya Idul Fitri, gelaran Wakaf Quran untuk Negeri masih berlanjut menjangkau masyarakat. “Selain untuk menemani aktivitas peribadatan saudara-saudara kami umat muslim, khususnya sepanjang bulan Ramadan yang lekat dengan bertadarus, inisiatif wakaf yang kami lakukan juga untuk mendukung langkah pemerintah memenuhi kebutuhan Alquran di negeri ini,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin yang juga menjabat Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas selepas penyerahan simbolis yang dihadiri Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta.

Pagi itu, sebanyak 1.000 mushaf Alquran diwakafkan dan akan diteruskan ke sejumlah sarana peribadatan dan pendidikan yang tersebar di Jakarta. Kertas yang digunakan mencetak seluruh mushaf yang diwakafkan adalah produksi Asia Pulp & Paper Sinar Mas melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk-Tangerang, yakni kertas premium Sinar Tech yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP), dan tersertifikasi Majelis Ulama Indonesia.

Rangkaian Bazar Minyak Goreng

BMG dan Wakaf Balai Kota (3).jpeg

Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin (tengah) dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (kanan) saat kegiatan Bazar Minyak Goreng di RPTRA Kecapi, Jakarta Selatan, Jumat (14/4).

Selain wakaf, Sinar Mas menggelar pula Bazar Minyak Goreng Ramadan bagi para karyawan pemprov dan masyarakat sekitar, dengan mengalokasikan lebih dari 2.500 liter minyak goreng kemasan seharga Rp15.000 per liter. “Ramadan tahun ini sangat berkesan karena kami berkesempatan berbagi dengan masyarakat, di saat pandemi semakin terkendali, dan itu berlangsung menggunakan jenama serta produk milik Sinar Mas sendiri,” kata Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin.

Menurutnya, rangkaian bazaar yang berlangsung melibatkan sejumlah pilar bisnis serta perusahaan dibawah naungan Sinar Mas ini sekaligus menunjukkan komitmen sektor industri mendukung upaya pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat. Sebelumnya dirinya bersama Heru Budi Hartono sempat melakukan penjualan bagi warga masyarakat dalam bazar yang berlangsung di RPTRA Kecapi, Jakarta Selatan, Jumat (14/4).

Menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan, bazar yang mendapatkan dukungan penuh Sinar Mas Agribusiness & Food bermula di tahun 2005, dan hingga kini telah menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng ke berbagai kalangan masyarakat, di sejumlah kota. Sementara program Wakaf Quran untuk Negeri telah berlangsung sedari tahun 2008 dan telah mendonasikan lebih dari 1,2 juta mushaf, 200 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah (Teks: Jaka Anindita).