“Kebahagiaan karena melakukan sesutu untuk masyarakat merupakan kepuasan yang tidak ada tandingannya” – Eka Tjipta Widjaja

Sinar Mas meyakini, semangat gotong royong yang selama ini menjadi jati diri bangsa, bisa membawa Indonesia lebih maju.

Tantangan dapat berlapis, namun jangan pernah menyerah. Jangan pula berhenti berbagi kebaikan, sebagaimana yang berlangsung dalam gerakan pemberdayaan masyarakat di berbagai lokasi berikut.

APP Sinar Mas – CHIP (Cipta Handycraft Inovation Product)

Limbah kayu yang sering dianggap tidak bernilai dan biasanya berakhir di tempat pembuangan sampah ternyata dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. Itulah semangat pantang menyerah yang dilakukan oleh CHIP (Cipta Handycraft Inovation Product).

Mendapat binaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, CHIP melakukan aksi pemberdayaan lingkungan dengan mengolah limbah kayu sisa peti menjadi cinderamata berkualitas tinggi.

Dalam memperingati 100 tahun pendiri Sinar Mas, CHIP membuat suvenir khusus berbentuk miniatur sepeda. Harapannya, semangat Eka Tjipta Widjaja dalam berjuang membangun bisnisnya bisa menginspirasi kita semua.

APP Sinar Mas – Desa Makmur Peduli Api (DMPA)

Gender equality is a fundamental right and an essential facet of sustained economic growth. Acknowledging its importance for a sustainable future, we work together with the Martha Tilaar Group to empower women to have a significant role in many industries.

Delivered through our IFFS/DMPA program, this collaboration provides entrepreneurship training and workshop to improve the livelihood of the community. This is our commitment to support the UN’s SDG number 1 (no poverty) and number 5 (gender equality). After signing the UN Global Impact in New York on September 2018, we aimed to train 1000 women by this year.

Through this program, participants lead their way to entrepreneurship, from regular homemakers with no income to becoming economically independent women. As a result, they contribute to the welfare of their community.
The IFFS/DMPA program is part of our commitment to sustainable forest management. It is an integrated forestry and farming system which aims to protect the environment and empower communities in and around our concessions. Through the program, we educate participants on alternative farming methods that don’t involve slash-and-burn practices and equip them with entrepreneurship skills to improve their quality of life.

For the past two years, we have worked with more than 20 thousand households in 335 villages across five provinces in Indonesia. Among them are 82 women groups that learned entrepreneurship skills through training with the Martha Tilaar Group and us. From cooking, business, to beauty class, the upskilling has helped them become more economically independent and empowered.

APP Sinar Mas – Pupuk Organik

Sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan, para petani mulai mempertimbangkan penggunaan pupuk organik yang berfungsi untuk memperbaiki serta meningkatkan kesuburan tanah. Penggunaan bahan-bahan organik diyakini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk, juga dapat mengurangi dampak pencemaran air tanah dan lingkungan yang timbul akibat penggunaan pupuk kimia berlebihan.

Upaya inilah yang dilakukan oleh Supari, Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya di Desa Dataran Kempas, Kabupaten Tanjung Jabang Barat, Jambi. Berawal dari pelatihan pemanfaatan limbah sawit terpadu yang ia ikuti bersama APP Sinar Mas melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), ia bertekad untuk melakukan pengembangan pupuk organik dari limbah sawit dan juga kotoran hewan ternak.

APP Sinar Mas – Tali Strapping

Tahun 2005 seakan menjadi tahun yang penuh ujian bagi warga di Perawang, Pekanbaru. Mayoritas warga Perawang yang bekerja di sebuah perusahaan kayu lapis dibebas-tugaskan alias di-PHK sehingga mereka kehilangan mata pencahariannya. Kondisi ini lantas menggerakkan Muhammad Nur untuk menggali kreativitas masyarakat di sekitar tempat tinggalnya agar tetap memiliki penghasilan sendiri.

Berbekal ilmu anyaman kerajinan dari limbah tali strapping, Muhammad Nur melatih warga yang antusias untuk belajar.

Usaha dan semangat Muhammad Nur untuk mengembangkan kreativitas warga dan meningkatkan penghasilan warga Perawang terealisasikan melalui program Kemitraan yang ia jalankan bersama APP Sinar Mas. Tali strapping yang selama ini digunakan sebagai bahan dasar, didapatkan dari APP Sinar Mas. Tidak hanya itu, APP Sinar Mas juga memberikan pelatihan, pendampingan, serta bantuan pemasaran kepada Muhammad Nur dan kelompok yang ia bina.

Sinar Mas Land – Rumah Kreatif

Pandemi yang terjadi nyatanya tidak mematahkan semangat para pelaku UMKM berikut ini, Ibu Ira dan Ibu Liliana dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan semangat Pantang Menyerah, bisnis eco print dan frozen food milik keduanya kini telah berkembang pesat dan terus bertahan, melalui binaan dari Sinar Mas Land.

Asuransi Sinar Mas – Kain Humbang Shibori

Fitri Gultom, seorang perempuan dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara mendedikasikan hidupnya sebagai pengrajin kain yang dinamakan Humbang Shibori. Jika Sumatera Utara dikenal dengan kain ulos, Fitri Gultom justru menekuni pembuatan kain yang mengangkat konsep Eco Fashion, di mana dalam setiap proses pembuatan kain Humbang Shibori menggunakan bahan-bahan alami, termasuk dalam pewarnaannya.

Adapun bahan yang digunakan dalam pewarnaan kain Humbang Shibori diantaranya kunyit, kayu jati, kulit jengkol, bunga, dan masih banyak lagi. Bahkan Fitri Gultom juga tak jarang menggunakan sisa sayuran yang tak laku di pasaran untuk digunakan sebagai bahan pewarna alami kain Humbang Shibori.

Kini, kain Humbang Shibori kini telah mendunia. Tidak hanya pemasaran sampai ke luar negeri, namun kain Humbang Shibori pernah digunakan dalam ajang fashion show di Kanada. Sungguh tak ada yang menyangka bahwa di balik sebuah karya nan indah, ada seorang pemudi asal Sumatera Utara yang betul-betul peduli terhadap lingkungan.

Asuransi Sinar Mas – Kopi Arabika Humbang

Lebih dari 65% perdagangan kopi dunia didominasi oleh jenis Arabika. Kopi Arabika Indonesia termasuk salah satu Kopi Arabika terbaik di dunia karena memiliki karakter rasa yang khas.

Menyadari hal tersebut, Manat Samosir kemudian membina lebih dari 500 petani di Kabupaten Humbang Hasundutan untuk membudidayakan Kopi Arabica. Didukung oleh kondisi geografis yang sempurna, membuat daerah dataran tinggi di Sumatera Utara itu menjadi salah satu penghasil Kopi Arabika terbaik di Indonesia.

Mendapat binaan Asuransi Sinar Mas, Kopi Arabika Humbang semakin ‘naik kelas’ dan perlahan menjadi primadona di pasar kopi dunia.

Smartfren – Brownies ABG Garut

Oleh-oleh khas Garut bukan hanya dodol. Kini ada Brownies ABG (Asli Brownies Garut) yang sedang hits dan wajib Anda bawa pulang. Tidak seperti brownies pada umummnya, brownies ABG ini terbilang cukup unik karena berbahan dasar gula aren.

Perjalanan Brownies ABG hingga terkenal seperti sekarang ternyata tidaklah mudah. Asep Jalal, selaku pemilik Brownies ABG mengaku pada mulanya tidak ada orang yang datang untuk membeli browniesnya. Hingga akhirnya Asep bergabung dengan Smartfren Community dan pembeli brownies ABG pun meningkat drastis!