Breaking

Menjadi Green Campus via Taman Plaza Inovasi

Breaking News / Peristiwa / Slider / Top News / February 6, 2023

Mendung disertai gerimis tak menghambat peresmian Taman Plaza Inovasi IPB. Di sini, Sinar Mas lewat PT Berau Coal mendukung Institut Pertanian Bogor menyandang status kamus hijau. “Kami mengharapkan kehadiran taman ini dapat membantu niatan IPB mewujudkan kampus hijau. Menjadikannya sebuah ekosistem yang menginspirasi sivitas akademika Institut Pertanian Bogor guna memunculkan terobosan baru di ranah sosial, perekonomian, utamanya pangan, pertanian serta kehutanan yang memberdayakan, juga menyejahterakan masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan, sekaligus menjaga kearifan lokal,” ucap Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin dalam sambutannya, Rabu (1/2/2023). Dukungan berupa bantuan infrastuktur, kerap dipilih entitas bisnis dalam menjembatani mereka dengan lingkungan perguruan tinggi. Berharap terobosan seputar penguatan industri, dapat mengalir deras dari kampus.

 

Mendung tak menghalangi peresmian maupun menutupi senyum hadirin.

 

Taman seluas tak kurang dari 11 hektare ini merupakan bagian dari pengembangan green campus oleh IPB yang telah berlangsung sedari tahun 2015 dengan tujuan mewadahi pembentukan perilaku berwawasan lingkungan dari seluruh sivitas akademika di dalam lingkungan zero waste, zero emission, rich in bio-and cultural-diversity. “Industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah kepentingan seluruh pihak, termasuk pula kami yang bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam. Dukungan pembangunan taman kampus di IPB adalah salah satu bentuknya,” ujar Direktur PT Berau Coal, Sandy Indrawan. Lewat program tanggung jawab sosial-nya, Berau Coal mendonasikan dana sebesar Rp4,2 miliar bagi berdirinya Taman Plaza Inovasi IPB.

 

 

Sempat terhambat pandemi Covid-19, tuntasnya pembangunan taman, menurut Rektor IPB, Arif Satria akan menjadi simbolisasi sivitas akademika dalam berinovasi. “Dengan harapan, inovasi IPB University menjadi semakin banyak, semakin bermanfaat dan juga semakin memberikan support yang besar untuk kemajuan ekonomi masyarakat Indonesia.” Rektor juga mengharapkan kehadiran Taman Plaza Inovasi menjadi pembuka kerja sama yang lebih erat dengan Sinar Mas. Turut hadir dalam peresmian, Kepala Biro pada Biro Umum, Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Samidi, bersama perwakilan manajemen juga komisaris PT Berau Coal dan Asia Pulp and Paper Sinar Mas.

 

Rektor IPB, Arif Satria dengan nuansa biru, bersanding dengan Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, di depan insignia merah.

 

Taman Plaza Inovasi IPB, berkonsepkan bentang ekologis dengan tema modern tropis, di mana pilihan ragam tanaman hingga penggunaan material pembangunan menyesuaikan dengan iklim tropis. Sebelumnya, dukungan mewujudkan kampus hijau telah diwujudkan Sinar Mas lewat penyerahan lima unit bis berbahan bakar gas guna memperkuat fasilitas transportasi ramah lingkungan pada tahun 2017 silam. Ketika itu turut diserahkan pula tujuh unit verification gate system, yakni perangkat gerbang otomatis berisikan data kendaraan bermotor seluruh sivitas akademika yang telah terdaftar, untuk membatasi pemakaian kendaraan pribadi di lingkungan Kampus IPB Dramaga.

 

 

 

Penulis: Jaka Anindita

Foto: Muhamad Fajar Maulana Adjie

Grafis: Sidhi Pintaka

Video: Andri Riza






Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi




Previous Post

Imlek Berisikan Pesan Kebersamaan

Next Post

Awal Baru di Tempat yang Baru





0 Comment


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


More Story

Imlek Berisikan Pesan Kebersamaan

Mendung dan hujan yang menutupi sebagian langit Jakarta sedari sehari sebelumnya, ternyata menepi ketika perayaan Imlek Nasional...

February 6, 2023