Sekolah Eka Tjipta: Sekolah Berkualitas di Tengah Kebun

#TumbuhBersama. Sinar Mas menaruh perhatian yang besar terhadap pendidikan anak-anak pekerja yang tinggal di sekitar wilayah perkebunan kelapa sawit di bawah naungan GAR Ltd dan PT Sinar Mas Agro and Resources Technology Tbk. Bagi Sinar Mas, investasi manusia sama pentingnya dengan investasi di bidang ekonomi. Oleh karena itu, PT Sinarmas Agro and Resources Technology Tbk menggagas sekolah kebun yang menyelenggarakan pendidikan dasar dari TK sampai SMP di kawasan perkebunan yang dikelola GAR-SMART, Tbk. Di bawah pengelolaan Eka Tjipta Foundation (ETF), pada tahun 2016 setidaknya terdapat 169 Sekolah Eka Tjipta dengan melibatkan 21.434 siswa dan 1.254 guru.

Di perkebunan sawit Sinarmas Agro akan dijumpai Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama bernama Sekolah Eka Tjipta. Meski berada di berada di wilayah terpencil, fasilitas pendidikan dan pengajar di Sekolah Eka Tjipta berstandardisasi nasional (SSN) dan terakreditasi A.

Untuk menjaga mutu sekolah, ETF secara berkala bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk memberikan pelatihan bagi guru-guru terkait manajemen sekolah.

ETF berharap kerja sama dengan stakeholders terkait dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan sekolah di kebun. Sejak berdiri tahun, siswa-siswi Sekolah Eka Tjipta telah meraih berbagai macam penghargaan, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

ETF merupakan lembaga yang mewadahi kegiatan sosial di pilar-pilar usaha Sinar Mas yang berfokus pada bidang pendidikan, budaya, dan lingkungan. Visi ETF adalah meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat sehingga mampu berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia, secara berkelanjutan. Visi ini tercermin dalam moto “Menanam Kebaikan Menuai Kesejahteraan”.

Pada tahun 2010, ETF meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Pemberi Beasiswa S1 terbanyak untuk kurun waktu tertentu (2007/2008 – 2008/2009). Selama periode tersebut, ETF telah memberikan beasiswa kepada 2.018 mahasiswa berprestasi di 30 universitas mitra ETF di seluruh Indonesia.