Mitra Kreasi Handycraft Mengubah Sampah Menjadi Emas

#TumbuhBersama

Ungkapan mengubah sampah menjadi emas pantas disematkan kepada mitra binaan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (IKPP) Serang, Mitra Kreasi Handycraft. Usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Serang, Banten, ini berhasil mengubah limbah kertas dan kardus bekas menjadi kerajinan tangan kualitas ekspor dan bernilai ekonomi tinggi.

Cerita keberhasilan binaan corporate social responsibility (CSR) PT IKPP Serang ini dimulai dengan bertemunya Farid, ketua kelompok Mitra Kreasi Handycraft, dengan tim community development PT IKPP Serang pada tahun 2009. Saat itu, pihak PT IKPP Serang meminta Farid membuatkan kerajinan tangan dari sampah kertas dan kardus bekas dari produksi PT IKPP Serang.

PT IKPP Serang kemudian melatih Farid dan kelompoknya secara cuma-cuma untuk membuat barang-barang kerajinan tangan. “Mereka serius memberdayakan masyarakat. Itu yang membuat saya semangat pantang menyerah,” ujar Farid seperti dikutip Bisnis.com.


Sumber: Tribunnews.com

Pada awal menekuni usaha keranjinan tangan dari kertas bekas, Mitra Kreasi Handycraft banyak mendapatkan hambatan, terutama dalam pembuatan produk kerajinan yang tidak rapi. ”Produk saya ditolak karena tidak layak. Namun, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk tidak pergi begitu saja. Saya diberi banyak masukan dan pelatihan,” ungkapnya di Kompas.

Dengan komunikasi dan pendampingan yang intensif, akhirnya Mitra Kreasi berhasil menghasilkan produk sesuai dengan permintaan. Farid bersama kelompoknya berhasil memproduksi kerajinan tangan berupa kantong belanja, miniatur phinisi dan becak, stationery set dan lainnya.

“Kepercayaan itu mahal. Memang repot, tapi berkat komunikasi yang baik, masalah kualitas dan kuantitas bisa diselesaikan,” ucapnya.

Harga produk-produk daur ulang karya binaan PT IKPP Serang itu bervariasi, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Produk paling murah, kantong kertas, dijual Rp 3.000 per unit. Miniatur becak seharga Rp 80.000 per unit dan badak Rp 90.000 per unit. Miniatur kapal pinisi setinggi 1 meter, panjang 1,2 meter, dan lebar 30 sentimeter jadi produk termahal, yaitu Rp 700.000 per unit.


Sumber: Kompas

Mitra Kreasi Handycraft tiap bulannya berhasil memproduksi 200 unit perahu pinisi dan 1000 kantong kertas. Dalam pengerjaannya, Mitra Kreasi Handycraft menyerap 20 pekerja dari warga sekitar dengan pendapatan 1,2 juta per bulan.

Menurut Farid, seperti dikutip dari Bisnis.com, ada banyak kesempatan di PT IKPP Serang untuk mengembangkan diri. “Asal ada kemauan dari masyarakat untuk mengembangkan diri,” ujarnya.

Pada tahun 2012, PT IKPP Serang menerima penghargaan Social Business Innovations Award 2012 dari Majalah Warta Ekonomi melalui program corporate social responsibility kerajinan kertas daur ulang (recycled paper) yang dilakukan oleh Mitra Kreasi Handycraft. Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan berprestasi di Indonesia yang dianggap berhasil mengembangkan inovasi-inovasi dalam program tanggung jawab sosial perusahaan.