The Breeze BSD City Hadirkan Tempat Belajar dan Kolaborasi Creative Nest Indonesia

Tangerang, 19 Februari 2019 – Sinar Mas Land bekerja sama dengan Patrick Effendi, tokoh animasi Indonesia, untuk meresmikan beroperasinya Creative Nest Indonesia yang berlokasi di The Breeze BSD City. Industri kreatif merupakan salah satu industri dalam negeri yang sedang didukung secara penuh oleh Pemerintah Indonesia sebagai motor penggerak utama ekonomi. Ekonomi kreatif baik secara online maupun offline semakin banyak bermunculan. Creative Nest Indonesia hadir untuk membantu menyediakan pelatihan dan memberikan peluang kerja untuk berbagai jenis industri kreatif seperti aplikasi dan pengembangan, coding, film animasi dan video, desain komunikasi visual, serta desain produk di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) juga berfungsi sebagai wadah berkumpul untuk saling memudahkan berkolaborasi diantara insan kreatif Indonesia. Peresmian Creative Nest Indonesia dihadiri oleh Hari Santoso Sungkar – Deputi Bidang Infrastruktur Badan Kreatif Ekonomi Indonesia, Iswan Sudaryo – COO Sangnila Arts Academy Pte Ltd, Patrick Effendy – Founder & CEO Creative Nest Indonesia, Michael Widjaja – Group CEO Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe – Managing Director President Office Sinar Mas Land, serta insan-insan kreatif Indonesia.

Patrick Effendy, Founder & CEO Creative Nest Indonesia mengatakan, “Indonesia terutama kota Jakarta dan sekitarnya tidak banyak memiliki tempat belajar yang berhubungan dengan industri kreatif, khususnya dalam pelatihan skill yang mendalam untuk memproduksi karya kreatif. Creative Nest Indonesia menyediakan tempat belajar dengan fasilitas memadai serta ditunjang oleh pengajar profesional yang telah berpengalaman dibidangnya dan dengan biaya yang terjangkau.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menjelaskan, “Saya antusias dengan bertambahnya anggota komunitas pencetak industri digital kreatif di kawasan Digital Hub BSD. Kami akan menggandeng lebih banyak lagi komunitas serupa yang bisa masuk kawasan ‘Silicon Valley’-nya Indonesia. Kami tidak membatasi target, bisa sebanyak-banyaknya. Namun tidak sembarang, karena mereka harus memiliki passion atau semangat yang sama untuk membangun komunitas industri kreatif digital di sini’’.

Lebih dalam lagi, Michael Widjaja menambahkan, ‘’Indonesia memiliki peluang kemajuan bisnis kreatif digital dan start-up dengan melesat. Terlebih pada era industri 4.0, sangat penting menyediakan tempat untuk mendukung SDM profesional penunjangnya. Jadi, sebelum terjun sebagai seorang profesional, menimba ilmu sebanyak-banyaknya di komunitas ini. Sekalipun dia sudah pernah belajar, bisa mengulangnya disini. Tinggal pilih sesuai minat dan bakat, mulai dari tempat belajar khusus animasi, startup, video konten musik sampai film’’.

Makanya tidak heran, para pembisnis ulung dibidang kreatif digital kumpul semua di Silicon Valley-nya Indonesia itu. Sebut saja Alamanda, mantan CEO Go-Jek yang kini mendirikan Binar Academy. Kemudian terbaru, mantan sutradara Patrick Effendy yang kini mendirikan Creative Nest Indonesia. Apple Academy sebuah brand terkemuka asal Amerika Serikat juga hadir di BSD City, Purwadhika Coding School, serta Techpolitan. “Terpenting adalah, menyediakan tempat komunitasnya untuk saling bertemu, berdiskusi dan memiliki passion yang sama di bidang kreatifitas digital,” tutup Group CEO Sinar Mas Land.

Acara grand launching Creative Nest Indonesia dimeriahkan dengan talkshow menarik dengan beragam tema seperti Main Game Bikin Kaya – Muhammad “Naitomea” (WAW), Eddy Lim (Liga Game), Wijaya Nugroho (Garena), Animasi Jaman Now – Wahyu Aditya (Hellomotion), Andi Martin, Faza Meonk, Era Musik Terbaik Indonesia Adalah Sekarang – Barry Maheswara, Adib Hidayat, Irfan Aulia , Film Indonesia Is Booming – Anngy Umbara, Hilman Mutasi, Gading Marten, dan YouTube Sumber Nafkah – Joshua Suherman, Martin Anugrah & Reza Nangin (Cameo Project), Anji. Kedepan Creative Nest Indonesia akan menyiapkan kelas animasi, virtual reality, augmented reality, graphic design, game design, coding dan motion graphic. Selain itu, Creative Nest Indonesia juga menyediakan kelas, workshop dan seminar dari para pakar dibidangnya yang diadakan secara regular.