150616-bmg-kemenkeu-ferdian-7

Bazaar Rakyat: Berbagi dalam Kebersamaan

Ramadan menjadi bulan yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia karena bulan ini diyakini penuh berkah dan menjadi kesempatan bagi setiap umat Muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Selama bulan suci Ramadhan tingkat konsumsi masyarakat akan kebutuhan sehari-hari meningkat drastis, salah satunya kebutuhan pokok akan minyak goreng. Hal ini tentu mengakibatkan harga minyak goreng yang dijual pengecer mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Sebagai bagian dari upaya kami untuk membantu masyarakat lokal dalam memenuhi kebutuhan pokok minyak goreng, Sinar Mas melangsungkan acara tahunan Bazaar Minyak Goreng dengan menjual minyak goreng FILMA dan Kunci Mas dengan harga terjangkau. Bazaar Minyak Goreng tahun ini mengangkat tema “Unity in Diversity” (Kesatuan dalam Kebhinnekaan) yang menjadi bentuk perayaan keanekaragaman budaya di Indonesia dan akan diadakan di 39 kota besar di Pulau Jawa, 5 kota di Sumatera, dan 1 kota di Sulawesi. Pada bazaar tahun ini kami akan menjual 520.000 liter minyak goreng bagi masyarakat setempat. Tak hanya minyak goreng, bazaar tahun ini kami juga akan memasarkan produk Sinar Mas lainnya seperti biskuit, minuman ringan dan buku.

Sejak pertama kali bazaar ini digelar pada tahun 2005, acara ini telah mengalami banyak perkembangan dan dilangsungkan di berbagai kota besar dan pulau di seluruh Indonesia, seperti Sumatera Utara, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Denpasar, Makassar, Pontianak, Berau, dan Halmahera. Hingga saat ini kami telah mendistribusikan lebih dari 31 juta liter minyak goreng.

 

310516-bmg-kudus-bersama-gp-ansor-noveradika-27  120616-bmg-purwokerto-noveradika-10

170616-bmg-bandung-noveradika-8  030616-bmg-marunda-menteri-pertanian-noveradika-5

 

(Pewarta Foto: Noveradika ; Dok. BMG tahun 2016 )

Selain membantu kehidupan masyarakat, rangkaian acara Bazaar Minyak Goreng ini juga menjadi ajang yang positif dalam mengedukasi masyarakat akan keberadaan minyak goreng sebagai salah satu dari sembilan kebutuhan pokok masyarakat. Minyak kelapa sawit sebagai produk pertanian nasional, dimana Indonesia adalah penghasil nomor satu di dunia, merupakan kebutuhan pokok yang ketersediaan dan harganya perlu dijaga dan perusahaan memproduksinya dengan praktik agribisnis berkelanjutan, seperti yang telah kami lakukan dan terus upayakan hingga saat ini. Simak selengkapnya tiga penghargaan yang telah berhasil kami raih dalam upaya menjalankan praktik-praktik keberlanjutan di sini.

Mari berkenalan lebih dekat dengan Erman. Ia adalah seorang penjaga toko di Pasar Rumbai yang menjual minyak goreng FILMA. Ikuti cerita selengkapnya dalam serial Extraordinary Everyday kami di sini.

(Sumber: SMART-Tbk.com )