Breaking

Kaleidoskop 2021: Terhambat, Bukan Terhentikan

Breaking News / Inspirasi / Slider / Top News / December 16, 2021

Pandemi Covid-19 adalah penghalang nomor wahid atas berbagai inisiatif, dan segala niatan meraih capaian. Ibarat peperangan, ruang gerak menjadi sangat terbatas, nyaris seluruh sumber daya yang dimiliki beralih fokus guna melawan penyebaran virus, memutus rantai penularan. Sinar Mas turut merasakannya. Bagaimana upaya untuk melaju, tak dapat mengabaikan keselamatan serta kesejahteraan karyawan, sekaligus kelangsungan hidup masyarakat sekitar.

Namun kerja bersama membuat pandemi mulai terkendali, meskipun belum lagi diketahui kapan bakal berakhir. Adaptasi yang berlangsung sejak 2020 mulai berbuah. Sinar Mas bersama pilar bisnisnya, menjalani tahun 2021 dengan sejumlah terobosan serta capaian. Menandakan kalau Covid-19 menghambat pergerakan bisnis, namun bukan menamatkan daya inovasi maupun kepedulian pada sesama. Berikut beberapa di antaranya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Batam, Kepulauan Riau (22/1) menyempatkan hadir ke township Nuvasa Bay, yang dikembangkan Sinar Mas Land sebagai kota mandiri terbesar di sana, guna membidik potensi ekonomi kreatif serta wisata.

Sinar Mas Agribusiness and Food meyakini lagu punya daya magis mengedukasi pendengarnya, sebagaimana pendekatan menggubah lagu etnis Dayak dan Melayu berisikan ajakan  mencegah kebakaran hutan serta lahan. Pesan peduli lingkungan tadi mengudara di sejumlah stasiun radio yang berada di  Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur (18/3).

Kontribusi Sinar Mas membantu penanganan pandemi dengan memelopori dan mengkoordinasikan inisiatif lintas pihak, Pengusaha Peduli NKRI mampu menggalang donasi hingga Rp650 miliar (23/3) melampaui target awal sebesar Rp500 miliar.

Smartftren bersiap memasuki layanan 5G setelah memenangkan lelang pita frekuensi 2,3GHz (22/4).

Prissa hadir menemani nasabah Bank Sinar Mas (30/4). Asisten virtual atau chatbot yang punya kepanjangan nama Personal Intelligent Sales and Service Assistant menemani lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Komitmen melindungi karyawan melalui vaksinasi terwujud ketika PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk di Marunda, Bekasi dan Asia Pulp & Paper Sinar Mas di Tangerang mengawali Vaksinasi Gotong Royong yang dipantau secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (17/5)

SehatQ menggratiskan layanan telemedisin untuk program isolasi mandiri yang diinisiasi Kementerian Kesehatan (7/7). Dukungan berbentuk layanan telekonsultasi dengan dokter serta pemberian resep bagi masyarakat yang tengah menjalani karantina mandiri.

Majalah Environment + Energy Leader memilih Asia Pulp & Paper Sinar Mas sebagai peraih penghargaan tertinggi sekaligus proyek tahun ini (22/7) atas inisiatif pengurangan deforestasi di seluruh rantai pasoknya berbasis pelacakan area hutan dalam waktu nyata, menggunakan citra satelit.

Sinar Mas melalui gerakan Pengusaha Peduli NKRI kembali melakukan donasi (23/7), kali ini berupa beras sebanyak 35.000 ton bagi 7 juta kepala keluarga, konsentrator oksigen, aktivasi sentra vaksin, serta penyaluran obat-obatan bagi pasien Covid-19.

Danamas optimistis pinjaman singkat untuk usaha kecil, pedagang pulsa, petani, dan peternak yang mereka fasilitasi, tidak terdampak pandemi. Hingga Agustus tahun ini, Danamas telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp2,4 triliun.

Eka Tjipta Foundation menjembatani agar lulusan pendidikan kejuruan sesuai dengan kebutuhan industri lewat revitalisasi dua sekolah menengah kejuruan di Surakarta, Jawa Tengah yang peresmiannya dilakukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim didampingi Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (13/9).

Gelaran webinar menjadi salah satu cara Sinar Mas memperingati hari jadinya ke-83 di bulan Oktober. Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit, Selasa (14/9) menjadi tema awal, menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Ketua Tim Pakar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Wiku Adisasmito dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Memberikan gambaran bagi 585 peserta yang onboard kalau keberhailan penanganan pandemi bergantung pada bagaimana masyarakat menyesuaikan budaya dan perilakunya.

Berlanjut dengan webinar bertajuk Sinergi Korporasi dan Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/10) di mana Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid bersama Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan KADIN Indonesia, Bambang Brodjonegoro berbicara di sana. Di hadapan 736 peserta, diskusi memaparkan bagaimana teknologi digital dapat menjadi tulang punggung pengentasan kemiskinan.

PT Smartfren Telecom Tbk yang diwakili Franky O. Widjaja selaku Chairman, menjadi satu-satunya entitas swasta di antara 19 perusahaan yang menandatangani nota kesepahaman, menggandeng perusahaan artificial intelligence dan cloud computing asal Abu Dhabi, Group 42 serta mitra lokal asal Indonesia, PT Amara Padma Sehati, dan disaksikan Presiden Joko Widodo bersama Emir Dubai, Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum dalam perhelatan Dubai Expo 2020 di Uni Emirat Arab (4/11). Kemitraan itu akan mewujudkan data center terbesar di Indonesia.

Masih dari Dubai, Sinar Mas Land menggandeng Group 42 guna mentransformasi Bumi Serpong Damai Cityt menjadi smart city, yang diawali penandatanganan nota kesepahaman, Senin (1/11) oleh Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja dan Group CEO G42, Peng Xia.

PT Sinarmas Sekuritas melalui brand SimInvest mensponsori perhelatan bulutangkis internasional paling akbar di Tanah Air, SimInvest Indonesia Open 2021 (11/11) yang berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Penutup trilogi webinar memperingati 83 tahun Sinar Mas berlangsung, Kamis (18/11), mengambil tema Keren itu Vokasi. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, praktisi pendidikan Primadi Serad, dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di antara 877 peserta tampil di hadapan 877 peserta, Mereka menyampaikan komitmen pemerintah berikut dukungan sektor usaha dalam menjadikan vokasi itu keren, keren itu vokasi, nyata adanya.

APP Sinar Mas hadir bersama Pemerintah Indonesia dalam perhelatan UN Climate Change Conference COP 26 di Glasgow, Skotlandia (19/11), berbagi pengalaman dan menjaring ilmu terkini dalam memerangi perubahan iklim. Selama kegiatan berlangsung, anjungan APP menyuguhkan minuman menggunakan gelas kertas Foopak Bio Natura yang bebas plastik, dapat didaur ulang sebagi bahan baku kemasan makanan dan minuman.

Taman Keanekaragaman Hayati Telaga Desa besutan Karawang International Industrial City, menerima anugerah Pengelola Taman Keanekaragaman Hayati Eksitu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Hari Konservasi Alam Nasional 2021 yang berlangsung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (24/11). Mengapresiasi peran Telaga Desa mengonservasi lingkungan, dan menjadikan konservasi bagian dari budaya.

Penghargaan ataupun award layaknya keseharian bagi Sinar Mas Land. Namun Best Developer Asia dari ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2021 yang tergapai, menjadikan Sinar Mas Land sebagai pengembang pertama asal Indonesia yang berhasil meraihnya (9/12).

Sinar Mas mengajak pimpinan redaksi media nasional berbincang tentang proyeksi bisnis di tahun depan, berikut memperkenalkan jajaran pimpinan President Office terkini: Managing Director, Ferry Salman dan Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin (10/12). Bersama jajaran humas dan pimpinan lintas pilar bisnis, sebanyak 13 orang pemimpin redaksi turut bergabung secara online.

Pandemi tidak menafikan bergabungnya talenta muda. Tampak dalam Sinar Mas Graduation (16/12) yang mewisuda – secara daring – 107 warga baru dari Sinar Mas Agribusiness & Food, Asuransi Sinar Mas dan Sinar Mas Energy & Infrastructure. Para millennial ini sebelumnya menuntaskan pendidikan dan latihan dalam jalur management development program, management trainee, dan juga operational development program.

Eka Tjipta Foundation coba memperkenalkan berikut mempromosikan karya UMKM binaan berbagai pilar bisnis Sinar Mas ke lingkup keluarga besar Sinar Mas lewat gelaran Tjipta UMKM Fair di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta (16/12).

Presiden Joko Widodo dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa meyambangi Green Office Park, BSD City, Jumat (24/12). Pemerintah menyimak langsung bagaimana Sinar Mas Land mengembangkan kota baru mandiri di sana, sebagai referensi bagi pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur.

 

 

Penulis: Jaka Anindita

Foto: Noveradika Priananta dan koleksi Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia






Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi




Previous Post

Hutan Kertas: Tak Tuntas Diretas Pandemi

Next Post

Hotel dengan Fasilitas Lapangan Golf …





You might also like


More Story

Hutan Kertas: Tak Tuntas Diretas Pandemi

Hampir lima tahun berdiri, Hutan Kertas yang awalnya memunculkan geliat perekonomian di Kampung Gintung, Desa Kutamekar,...

November 24, 2021