Breaking

Peduli dengan Berwakaf

Breaking News / Peristiwa / Slider / Top News / May 31, 2022

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Hanya saja, di negeri ini akses umat muslim terhadap Alquran belum memadai. Estimasi Kementerian Agama, dengan jumlah mencapai sekitar 200 juta jiwa, menggunakan asumsi setiap keluarga muslim beranggotakan empat orang, terdapat kebutuhan hingga 50 juta mushaf. Sementara Alquran yang beredar atau tercetak, baru mencapai 20 juta kitab setiap tahunnya.

Bagi sarana peribadatan dan pendidikan di Banten, penyalurannya mendapatkan dukungan tokoh masyarakat Banten, Dedi Gumelar (kiri), Senin (28/3/2022). Jadi, ini bukan rencana aktivasi Neo Bagito, namun Wakaf Quran untuk Negeri.

Pada sisi lain, Sinar Mas menaungi Asia Pulp and Paper Sinar Mas, yang salah satu pabriknya, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Tangerang Mills sejak 2004 silam mengusung lini kertas bermerek Sinar Tech, yang dikembangkan khusus untuk pencetakan kitab suci Alquran. Meramu inisiatif sosial yang selaras dengan kebutuhan masyarakat, sekaligus sesuai dengan kapasitas perusahaan, memunculkan Wakaf Quran untuk Negeri pada tahun 2008, yang masih berlanjut hingga kini. Bentuknya adalah donasi mushaf Alquran yang tercetak di atas kertas Sinar Tech, atau dikenal luas sebagai QPP (Quran Paper). Keseluruhan, melalui kegiatan ini telah terdonasikan lebih dari 1 juta mushaf Alquran.

Wakaf juga tersalurkan melalui PB Nahdlatul Ulama (26/4/2022).. Saleh Husin saat melakukan penyerahan simbolis kepada Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (kiri).

Wakaf Quran untuk Negeri semakin pas kala berlangsung dalam bulan Ramadan, yang menjadi momentum penuh berkah bagi umat muslim untuk bertadarus, membaca, memahami dan memaknai dan mengamalkan isi Alquran secara kontekstual.  “Wakaf menjadi bagian dari corporate social responsibility kami, karena menjembatani akses masyarakat terhadap kitab suci Alquran, sehingga masyarakat memiliki kesempatan lebih luas guna memperkuat akhlak mulia lewat mengaji,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Haedar Nashir (kiri) menerima wakaf ribuan mushaf yang diserahkan oleh Ketua Umum YMSM, Saleh Husin di Jakarta (23/5/2022).

Walhasil, jelang, sepanjang hingga selepas Ramadan tahun ini, Sinar Mas melalui Yayasan Muslim Sinar Mas, tentunya melibatkan pula sejumlah pilar bisnisnya, berhasil mewakafkan hingga 26 ribu mushaf ke berbagai kalangan.

kami dapat berdonasi sosial kepada masyarakat, memanfaatkan barang yang kami produksi sendiri, dengan harapan manfaatnya terasakan oleh semua pihak

Menjangkau mulai dari organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, sarana peribadatan, bahkan juga media massa, dan dengan bantuan TNI AL, mengirimkannya ke sejumlah pulau terluar Nusantara.

Eka Hospital menggandeng YMSM sempat mewakafkan ribuan mushaf bagi Kementerian Kesehatan dalam penyerahan kepada (dari kiri) Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenkes, Ida Rachmawati oleh Saleh Husin bersama Chief Operating Officer Eka Hospital Group, Rina Setiawati di Jakarta (22/4/2022).

“Melalui kegiatan ini, kami dapat berdonasi sosial kepada masyarakat, dengan memanfaatkan barang yang kami produksi sendiri, dengan harapan manfaatnya terasakan oleh semua pihak yang terlibat. Tahun ini, pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja,” ujar Saleh yang juga Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas.

 

Penulis: Jaka Anindita

Kontributor: Yulrandro Dave

Foto: Noveradika, Global Communications APP Sinar Mas

 






Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi




Previous Post

Kembali dengan Bazar Minyak Goreng




More Story

Kembali dengan Bazar Minyak Goreng

  Menjual minyak goreng kemasan dengan harga terjangkau ibarat teman lama yang sempat menghilang, kemudian hadir...

May 27, 2022