Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Melalui Rumah Pintar

Satu program unggulan corporate social responsibility (CSR) Sinar Mas lainnya adalah Rumah Pintar. Rumah Pintar merupakan program pemberdayaan masyarakat dari pilar-pilar usaha Sinar Mas, yang menyasar ibu-ibu dan anak-anak di di sekitar wilayah operasi pilar usaha Sinar Mas. Dipilihnya kaum perempuan dan anak-anak sebagai sasaran karena perempuan dan anak-anak masih kurang mendapatkan perhatian.

Pemberdayaan perempuan dan anak-anak dilakukan guna mendukung bisnis yang berkelanjutan (Sustainabilty Development Goals (SDGs), sekaligus mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan sejahtera.

Di Rumah Pintar, para ibu dan anak diberikan pelatihan guna mengembangkan kapasitas sumber daya manusia. Hal itu tercermin dari fasilitas yang tersedia di Rumah Pintar, seperti yakni Sentra Komputer, Sentra Bermain, Sentra Kriya, Sentra Anggrek, Sentra Buku, Sentra Panggung dan Sentra Audio Visual. Masing-masing sentra dibina tutor berpengalaman di bidangnya.


Foto: Tribunnews.com

Di Sentra Kriya, ibu-ibu diberikan pelatihan kerajinan tangan yang bernilai ekonomi sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Sedangkan anak-anak dapat belajar sambil bermain di Sentra Buku dan Sentra Audio Visual. Pemakaian fasilitas di Rumah Pintar diberikan cuma-cuma atau gratis. Hingga tahun ini, Sinar Mas sudah memiliki 29 rumah pintar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para pengajar di Rumah Pintar secara berkala juga mendapatkan pelatihan untuk memperkuat kapasitas. Pada tahun 2014, Rumah Pintar diganjar penghargaan Anugerah Adicipta Lokatara oleh pemerintah karena dinilai konsisten dalam memberdayakan masyarakat sekitar melalui pendidikan informal, berbasis komunitas. Penghargaan tersebut diberikan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono.