Humbang Shibori, Tenun Ikat Ramah Lingkungan

Ada banyak upaya yang dilakukan pilar usaha Sinar Mas dalam memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat sekitar, Upaya ini semakin menarik jika di sebuah wilayah telah terlebih dulu memiliki produk atau komoditas khas, yang sesungguhnya memiliki nilai tambah. Seperti yang dilakukan Asuransi Sinar Mas ketika program corporate social responsibilty (CSR) mereka di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara coba mengangkat tenun ikat tradisional Humbang Shibori, sebuah kerajinan kriya yang dibuat dengan metode ikat celup (tie dye).

Program dijalankan memanfaatkan keberadaan Rumah Kreatif yang diinisiasi Asuransi Sinar Mas sebagai “rumah pendidikan” sekaligus sarana pemberdayaan bagi warga masyarakat sekitar. Di sana, terdapat lima sentra, yaitu Sentra Buku, Sentra Komputer, Sentra Permainan, Sentra Audio Visual/Panggung dan Sentra Kriya., tempat dimana revitalisasi Humbang Shibori dilakukan.

Bukan sebuah kebetulan jika upaya tadi sejalan dengan nota kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata baru dunia. Direktur Asuransi Sinar Mas, Dumasi MM Samosir mengatakan, “Tujuan Rumah Kreatif Asuransi Sinar Mas adalah menjadi wahana pendidikan alternatif dan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas, guna membangun masyarakat yang cerdas, kreatif, mandiri sekaligus sejahtera. Keberadaannya kami harapkan dapat pula mendukung pengembangan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia.”

Hasilnya, dari kegiatan yang berlangsung sejak tahun 2016 silam, Humbang Shibori menjelma menjadi produk eco fashion, tenun ikat ramahlingkungan, karena para perajin menggunakan bahan pewarna organik yang limbahnya dapat di daur ulang. “Pendekatan ini membuat para perajin setempat mendapatkan nilai tambah dari produk yang selama ini mereka hasilkan, yakni tekstil tradisional yang ramah lingkungan,” ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin.

Tak berhenti sampai di sana, Asuransi Sinar Mas aktif pula mempromosikan Humbang Shibori kepada khalayak luas. Pada 9 Maret 2017 diselenggarakan fashion show di Gala Dinner Agency di The Mulia, Hotel & Resort, Nusa Dua Bali dan Fashion Show Humbang Shibori Pre Fall Collection 2018 di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, 8 Desember 2017.

Kegiatan itu bahkan diliput oleh sejumlah media asing, seperti IDN Global Media, Associated Press, The Times, The Guardians, Liverpool media, Tehectimes Guardians, UK Media Magazine Food and Travel, Liverpool Echo Guardians dan Cosmopolitan. Menurut Saleh, tidak hanya Asuransi Sinar Mas, tapi juga perusahaan lain di bawah naungan Sinar Mas turut memperkenalkan produk dari tersebut dalam berbagai kegiatan, dalam bentuk peragaan maupun cendera mata.