Pengembang Sinar Mas Land, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) melakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama (MoU – memorandum of understanding) model pengembangan entrepreneurship, kreatifitas dan inovasi umat di Kantor Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Dukung Remaja Masjid Jadi Programmer, SML Jalin Sinergi Dengan DMI Dan FMMB

Pengembang Sinar Mas Land, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) melakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama (MoU – memorandum of understanding) model pengembangan entrepreneurship, kreatifitas dan inovasi umat di Kantor Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jalan Jenggala 1 No.3 Jakarta, pada Sabtu, 14 April 2018.

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dhony Rahajoe mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu program Corporate Social Resposibilty (CSR) dari Sinar Mas Land dengan tujuan mengembangan sinergi positif antara Sinar Mas Land dengan remaja masjid FMMB di sekitar wilayah Tangerang Raya.

“Nantinya Sinar Mas Land akan membiayai pelatihan programmer atau coding bagi remaja masjid yang sudah lolos dari test awal yang diadakan oleh FMMB. Para remaja masjid yang sudah lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa dan belajar coding di GeeksFarm, sebuah start up di bidang teknologi digital di BSD City,” jelas Dhony dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Sabtu (14/4/2018).

Ditambahkan, program beasiswa coding ini sudah berlangsung beberapa kali dan kini akan memasuki gelombang ke-3 yang sedang dalam tahap seleksi.

Untuk gelombang pertama telah meluluskan 10 orang remaja masjid dan gelombang kedua telah meluluskan 9 orang.

Selain GeeksFarm, perusahaan digital lainnya yang juga berkantor di BSD City yaitu Purwadhika Start Up dan Coding School siap ikut terlibat dalam program positif ini.

Dalam kerjasama ini juga melibatkan DMI yang diharapkan dapat memberikan masukan-masukan dan usulan terkait dengan program yang sudah dijalankan.

“Program ini sesuai dengan visi dari DMI yaitu bertujuan untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Selain itu, juga para anggota FMMB juga berkesempatan mempelajari ilmu di bidang teknologi digital dengan hal positif yang saat ini sedang berkembang sangat pesat,” sambungnya.

Adapun penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DMI.

Dalam sambutannya, JK memberikan apresiasi kepada Sinar Mas Land sebagai pengembang yang ikut mendukung program DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid dengan memberikan beasiswa kepada remaja masjid.

JK juga mengusulkan agar DMI mengadakan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi, agar dapat dimanfaatkan masjid, misalnya program kompetisi arsitektur masjid khas Indonesia.

Sementara itu, Imam Addaruqutni selaku Sekretaris Jenderal DMI menyambut baik program dan kerjasama ini.

“Kerjasama ini sangat positif, apalagi disaksikan oleh Pak JK, selaku ketua umum DMI. Mudah-mudahan program ini dapat segera direalisasikan. Pemberdayaan masyarakat melalui masjid akan sangat terasa menyejukkan bagi masyarakat,” tutur Imam Addaruqurni.

Adapun Agus Wahyudi selaku Dewan Presidium FMMB yang beranggotakan 70 masjid dan mushola di kawasan Tangerang, menyambut gembira kesepakatan ini.

“Kerjasama ini sesuai dengan fungsi dan peran yang diemban FMMB sebagai lembaga kerjasama dan silaturahim antar masjid di BSD dan sekitarnya, yaitu dalam Sinergi Pengelolaan Masjid untuk mengatasi permasalahan umat melalui Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid, yang menjadikan masjid sebagai basis kegiatan umat untuk Pengembangan Kegiatan Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Kepemudaan dan Pemberdayaan Ekonomi berbasis Masjid dan Sosial Kebudayaan,” paparnya.

Tampak dalam foto ; Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyaksikan proses penandatangan nota kesepahaman antara DMI yang diwakili Imam Addaruqutni selaku Sekretaris Jenderal (ketiga dari kiri), Sinar Mas Land yang diwakili oleh Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office (ketiga dari kanan) dan Agus Mulyadi selaku Dewan Presidium Forum Masjid dan Mushola BSD (kedua dari kanan).

Sumber