Bazaar Rakyat dan Wakaf Alquran Semarakkan Ramadan di Sleman

Bazaar Rakyat dan Wakaf Alquran Semarakkan Ramadan di Sleman

Bazaar Rakyat dan wakaf Alquran untuk Negeri yang diselenggarakan Sinar Mas, menyemarakan suasana Ramadan di lingkungan Masjid Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Bazaar serta wakaf hari ini kami harapkan dapat menjadi sebagian kecil dari beragam upaya kami,” kata Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas, saat mendampingi H Ahmad Syafii Maarif yang lebih dikenal sebagai Buya Syafii Maarif, melakukan penjualan minyak goreng kepada warga sekitar, Senin (28/5).

Saleh menyampaikan, masih teringat jelas pesan buya Syafii Maarif pada tahun lalu yang menyampaikan, bahwa seluruh komponen bangsa termasuk entitas bisnis harus turut serta mengikis kesenjangan sosial dan ekonomi. Acara ini merupakan satu bentuk partisipasi korporasi untuk mewujudkan itu.

Bazaar Rakyat kali ini, lanjut Saleh, menyediakan sebanyak 3.000 liter minyak goreng kemasan seharga Rp 8.000 per liter. Menurutnya, kegiatan ini adalah kesempatan bagi Sinar Mas menjalankan program corporate social responsibility (CSR) mengedepankan produk dan merek andalan sendiri.

“Sembari mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, beserta semangat berbagi, dan silaturahim dengan sesama di bulan Ramadan,” kata Saleh melalui keterangan tertulis.

Melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART), sejak tahun 2005 telah disalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan- beragam merek seperti Filma, Kunci Mas ataupun Mitra di berbagai kota.

Di tempat yang sama, Saleh bersama Buya Syafii Maarif, Ketua Umum PP Muhammadiyah 1998-2005 yang kini menjabat Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), menyerahkan sebagian dari 1.000 mushaf Alquran kepada pengurus Masjid Nogotirto.

“Berlatar semangat kepedulian dan toleransi, semoga saja inisiatif ini dapat mendorong keutamaan membaca dan mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan semakin kuat,” kata Saleh.

Saleh mengatakan, jika wakaf merupkan komitmen pihaknya mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat, sekaligus sembari bersilaturahim dengan berbagai kalangan yang dijumpai.

Sejak tahun 2008, dengan dukungan Asia Pulp & Paper, Sinar Mas telah terdonasikan sekitar 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran, dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis perusahan yang tersebar di berbagai wilayah.

Seluruh kertas Alquran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan bagi pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper ini memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan, sehingga 90% produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

 

Sumber: Gatra.com