Bazaar Rakyat dan Wakaf Alquran Ciptakan Ramadan Penuh Makna

Tak terasa bulan Ramadan telah berlalu. Selama sebulan penuh umat Muslim menjalankan ibadah puasa di bulan suci penuh ampunan ini. Tak dapat dipungkiri, selama bulan Ramadan kebutuhan pangan masyarakat pun cenderung meningkat.

Untuk membantu pemerintah dalam menstabilkan harga kebutuhan pangan di sepanjang bulan Ramadan, Sinar Mas menyelenggarakan Bazaar Rakyat, sebuah momentum dimana masyarakat dapat membeli minyak goreng berkualitas seperti FILMA atau Kunci Mas dengan harga yang terjangkau.

Bazaar Rakyat 2018 terselenggara di 53 tempat yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan dengan total lebih dari 150 ribu Liter minyak goreng didistribusikan kepada masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 16 ribu rupiah per 2 Liter. Tak hanya diadakan di kota-kota besar, namun Bazaar Rakyat juga menjangkau masyarakat yang ada di sudut pedesaan, yang juga membutuhkan minyak goreng berkualitas sebagai kebutuhan untuk memasak.

13 tahun sudah Sinar Mas terus berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan Bazaar Rakyat. Kegiatan yang sudah dilakukan sejak 2005 ini telah menyalurkan lebih dari 31 juta Liter minyak goreng ke berbagai kota besar dan pulau di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Halmahera.

Selain meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok melalui Bazaar Rakyat, sepanjang bulan Ramadan ini Sinar Mas juga melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk mendorong masyarakat dalam membaca dan mengkhatamkan Alquran melalui program Wakaf Alquran.

“Semakin banyak populasi penduduk kita membutuhkan Alquran. Kebutuhan Alquran di Negeri ini lebih dari 2 juta sementara kemampuan cetak percetakan Pemerintah hanya sekitar 300 ribu per tahun” Ujar Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta.

 

Wakaf Alquran yang sudah dilakukan sejak tahun 2008 ini dilaksanakan untuk mendukung pemerintah dalam pemenuhan Alquran di seluruh negeri. Sepanjang kurun waktu tersebut, Sinar Mas telah menyalurkan hampir satu juta Alquran, Juz Amma, serta ribuan Alquran Braille bagi tunanetra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

Seluruh Alquran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang telah memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Melalui Bazaar Rakyat dan Wakaf Alquran, Sinar Mas terus berupaya membuat Ramadan semakin semarak dan penuh makna serta bermanfaat bagi masyarakat dan juga bangsa.