Membalas Budi Baik Bumi melalui Penanaman Pohon di Tasik Mas

Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, namun terkadang ada saja dari kita yang melupakannya. Berbagai upaya dilakukan oleh relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas untuk menjaga lingkungan agar asri dan lestari, salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekolah.

Pada tanggal 7 November 2018, relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas dari wilayah Kalimantan Tengah 1 khususnya yang berada di sekitar wilayah Desa Derangga, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berkumpul di SMP Eka Tjipta Foundation Tasik Mas. Sejak pukul delapan pagi kegiatan Penanaman Pohon dimulai, diawali dengan sambutan dan pesan terkait lingkungan dari pihak sekolah dan juga relawan kepada siswa-siswi yang hadir.

“Semoga suasana semakin rindang dan berdampak terhadap kondisi pembelajaran”, ujar Mardi Agus Kepala Sekolah SMP Eka Tjipta Tasik Mas.

Tidak hanya untuk menjaga keasrian sekolah saja, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada para siswa-siwi untuk berbuat kebaikan kepada bumi di dalam kehidupan mera sehari-hari. “Melalui kegiatan seperti ini, kami harap anak-anak bisa semakin peduli terhadap kondisi lingkungan, bukan hanya di sekolah saja tetapi juga ketika mereka di rumah”, tambahnya.

Sebelum kegiatan penanaman pohon dilaksanakan, beberapa orang siswi menampilkan drama musikal yang sarat akan pesan untuk menjaga lingkungan dan menyayangi bumi.

“Saya lihat dramanya. Pesan yang saya ingat pas tadi itu yang bagian ajakan untuk bertekad melestarikan lingkungan dan membalas budi baik bumi”, ungkap Febriana siswi kelas 9.

Setelah acara pembukaan selesai, para relawan, siswa-siswi, serta guru dan pihak sekolah beramai-ramai menuju taman sekolah. Sebanyak 17 orang relawan dan 138 orang yang hadir bersama-sama menanam pohon di lingkungan sekolah. Hingga pukul 10 pagi kegiatan penanaman pohon berlangsung, siswa dan siswi yang turut serta sangat antusias, mereka menggali sendiri lubang untuk ditanami dan menata pohon-pohon yang ditanam.

“Kegiatan Penanaman Pohon hari ini bukan yang pertama kalinya kita laksanakan di wilayah Kalimantan Tengah 1, jadi sebelumnya kita sudah bergerak ke desa-desa. Hari ini kita laksanakan di sekolah, kita mendukung pihak sekolah agar menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan”, ujar Ridwan Ashari relawan Kalimantan Tengah 1.