Hal Baik Hari Ini – Edisi 2 – Jumat, 3 April 2020

Pandemi virus corona (COVID-19) masih belum usai. Berbagai cara dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Dilansir dari Worldometers, Jumat (3/4/2020) pukul 11.06 WIB, jumlah orang dari seluruh dunia yang terinfeksi mencapai lebih dari satu juta orang, atau tepatnya 1.015.850. Dari jumlah tersebut, sebanyak 212.991 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 53.216 orang meninggal dunia.

Sejumlah upaya juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia, baik untuk menekan penyebaran virus maupun mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh wabah ini.

Melansir berbagai pemberitaan, kami menghimpun beberapa kabar baik terkait dengan kondisi penanganan virus corona di Indonesia.

 

1. Presiden Joko Widodo merumuskan 6 (enam) stimulus untuk menopang kondisi ekonomi rakyat yang terdampak akibat pandemi corona.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan 6 (enam) stimulus untuk menopang kondisi ekonomi rakyat yang terdampak pandemi corona. Mulai dari sektor kelistrikan sampai kebutuhan pokok.

Dari sektor kelistrikan, pemerintah memberikan keringanan untuk dua jenis pelanggan listrik, yakni pelanggan 450 VA yang masuk dalam kategori tidak mampu. Lainnya adalah pelanggan listrik 900 VA.

Paket stimulus lainnya bisa Anda baca selengkapnya melalui berita di sini.

 

2. Seluruh pasien positif corona di Malang dan Solo dinyatakan sembuh!

Kota Solo sempat disebut sebagai zona merah corona dan ditetapkan kejadian luar biasa (KLB). Namun, sejak Selasa (31/3), kondisinya berbeda. Wali Kota F.X Hadi Rudyatmodi menyatakan bahwa kini Kota Solo telah dinyatakan bebas pasien positif COVID-19.

“Seperti disampaikan oleh RSUD dr Moewardi, Solo bebas positif corona. Ini menjadi bagian kerja sama kita, gotong-royong kita dalam rangka untuk pencegahan,” ujarnya saat kegiatan Apel Persiapan Penyemprotan Disinfektan Serentak di Balai Kota Solo.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

 

3. Politeknik Simas Berau Buat Face Shield Untuk Lawan Covid-19

PT Berau Coal memberikan dukungan bagi tenaga medis yang menangani pasien corona berupa face shield atau pelindung wajah. Ini merupakan kreasi workshop Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Berau dan Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas Berau).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

 

4. Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai menyerahkan bantuan 750 set APD untuk tenaga medis di Banten

Terbatasnya persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani wabah virus corona sangat memprihatinkan. Bahkan, menurut Presiden Joko Widodo pada Senin (30/3/2020), saat ini minimal harus tersedia sekitar 3 juta APD hingga akhir Mei 2020.

Oleh karena itu, dalam rangka membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan APD, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai menyalurkan 750 set APD bagi para tenaga medis di beberapa wilayah di Indonesia.

Satu set bantuan berisi berbagai APD, yakni baju hazard, masker N95, sepatu bot, goggle mask, dan gloves rubber diserahkan oleh Kepala Divisi Corporate Affairs Sinar Mas Land, Dony Martadisata kepada Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Dr. Al Muktabar MSc, di rumah dinas Gubernur Banten, Serang, Selasa (31/3/2020).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

 

5. Sinar Mas menyerahkan sejumlah bantuan kepada Palang Merah Indonesia.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mewakili kalangan usaha yang tergabung dalam inisiatif KADIN Peduli NKRI, menyerahkan bantuan kaporit serta alat uji cepat (rapid test kit) kepada Palang Merah Indonesia, guna mendukung penanganan pandemi Covid-19 yang  diterima oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla sekaligus meninjau gudang PMI bersama Sekjen PMI Sudirman Said di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

 

6. Pengusaha Peduli NKRI bantu 100.000 Rapid Test, 105.000 Masker, dan 300 APD untuk tangani COVID-19 di Jakarta.

Jumat (3/4) para pengusaha yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI bersama KADIN dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk para tenaga medis kepada Pemprov DKI Jakarta. Bantuan ini langsung diterima oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

 

Baca Juga: Hal Baik Hari Ini – Edisi 1 – Jumat, 27 Maret 2020