Lebih dari Delapan Dekade, Mengembangkan Inovasi untuk Negeri

Sudah lebih dari delapan dekade Sinar Mas hadir bagi masyarakat Indonesia. Memasuki usianya yang ke-82 tahun, Sinar Mas terus berkomitmen mengembangkan ragam inovasi dalam menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan. Kami terus melakukan inovasi ini agar selalu memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Untuk menyambut 82 tahun Sinar Mas, “Innovation for Life” didapuk sebagai tema besar. Ragam kegiatan dengan tema tersebut akan diselenggarakan mulai akhir September hingga Desember 2020. Kami mengajak Anda untuk turut meramaikan berbagai kegiatan berikut ini.

Twibbon – 82 Tahun Sinar Mas

Pasang logo 82 tahun Sinar Mas pada media sosial atau aplikasi pesan singkat Anda seperti contoh di bawah ini:

 

Untuk memudahkan Anda mengganti foto profil Anda dengan logo 82 Tahun Sinar Mas, Anda bisa mengakses tautan berikut https://twibbonize.com/82TahunSinarMas atau http://bit.ly/82thnSM jika ingin langsung diunggah ke profil Facebook Anda.

Selain itu, sebagai upaya mendukung dan menyebarkan upaya positif Sinar Mas, kami juga mengajak Anda untuk ikut serta menggunakan virtual background Zoom yang bisa diunduh melalui tautan ini http://bit.ly/82SinarMas atau menyimpannya dari galeri di bawah ini.

Anda juga bisa mengunduh logo 82 Tahun Sinar Mas di bawah ini:

 

Rangkaian Kegiatan 82 Tahun Sinar Mas:

1. SMiLE Online (Webinar Series – #InnovationForLife)

Pembahasan mengenai produk inovatif pilar usaha Sinar Mas melalui rangkaian webinar, dengan menghadirkan beragam pembicara yang mumpuni di bidangnya.

2. Selebrasi HUT 82 Sinar Mas dalam Forum Dialog “Innovation for The Future, Economic Outlook 2021”

Perayaan sederhana dengan pesan dari Sinar Mas Board Member, juga pembahasan tentang perlunya inovasi dan perkiraan ekonomi Indonesia di 2021.

3. Instagram Live 82 Tahun Sinar Mas

Obrolan santai dan mengenal lebih jauh setiap pilar usaha Sinar Mas serta beragam inovasi yang telah dilakukan

4. Video HUT 82 Tahun Sinar Mas

Tonton dan bagikan di media sosial Anda video spesial HUT 82 Tahun Sinar Mas berikut ini dengan menggunakan tagar #82TahunSinarMas  #InnovationForLife  #SinarMas.

5. Kompetisi Media Sosial (Untuk Karyawan Sinar Mas)

  • Kompetisi Foto #InovasiDiTengahPandemi di Instagram
  • Kompetisi duet lagu Sinar Mas Song #SinarMasSongDuet di TikTok

Materi Publikasi HUT 82 Tahun Sinar Mas

Simak kisah perjalanan Sinar Mas selama 82 tahun dan beragam inovasi yang dilakukan di sini:

Mari mengikuti seluruh rangkaian kegiatan HUT 82 Tahun Sinar Mas, serta jangan lupa sebarkan ke media sosial Anda.  Anda bisa mengunduh seluruh materi 82 Tahun Sinar Mas mulai dari logo sampai virtual background Zoom di tautan berikut ini https://bit.ly/82SinarMas.

Mari bersama memajukan Indonesia dengan #InnovationForLife

Sejarah Sinar Mas

Berawal dari tahun 1938, Sinar Mas berawal di kota Makassar. Dari sebuah usaha kecil, kini Sinar Mas telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan nasional dengan kurang lebih 380.000 karyawan di seluruh Indonesia dari tujuh pilar usaha yang tersebar di industri kertas dan bubur kertas, agribisnis dan makanan, komunikasi dan teknologi, properti, jasa keuangan, pertambangan dan energi, serta kesehatan.

Berpedoman pada nilai-nilai luhur: integritas, perilaku positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif, dan loyal (setia), Sinar Mas menjalankan praktek bisnis berkelanjutan, di mana perusahaan dan masyarakat beriringan membangun Indonesia, tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan.

Sebagai bukti nyata, Asia Pulp & Paper Sinar Mas sejak 2015 telah menginisiasi Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sebuah kemitraan bersama penduduk yang hidup di sekitar konsesi. Perusahaan membimbing masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar sehingga dapat semaksimal mungkin mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hasilnya, hingga akhir 2018 lalu, perusahaan berhasil menurunkan angka kebakaran hutan hingga mendekati target zero fire pada periode berjalan.

Tidak hanya itu, DMPA juga memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengelola lahan dengan metode agroforestri, yakni bercocok tanam tumpangsari hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan, dan perikanan; juga industri kecil-menengah untuk olahan pangan, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual sebagai alternatif sumber penghasilan keluarga. Sampai tahun 2018, telah terdapat 527 peserta perempuan dari 51 desa yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Hingga Juni 2019, APP Sinar Mas melalui program DMPA telah menyalurkan dana Rp 45 miliar ke lebih dari 17.000 kepala keluarga di hampir 300 desa yang tersebar di Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau dan Sumatra Selatan.

Di ranah pendidikan, melalui Eka Tjipta Foundation, telah berdiri ratusan Sekolah Eka Tjipta bagi anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar perkebunan sawit yang dikelola oleh Sinar Mas. Meski berada di pedalaman, sekolah tersebut telah berstandar nasional.