One Smile, Aplikasi Khusus Warga BSD City Hasil Karya Sinar Mas Land

Sinar Mas Land meluncurkan One Smile, aplikasi smartphone terintegrasi yang dirancang untuk mengoptimalkan kualitas hidup warga BSD City. Sebagai pengembang di BSD City, Sinar Mas Land berharap aplikasi ini akan membantu BSD City untuk lebih mengerti kebutuhan warga.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengatakan One Smile adalah aplikasi yang dirancang khusus oleh Sinar Mas Land sebagai sarana penghubung antara pihak pengembang dengan customer melalui penerapan teknologi informatika. Terlebih pandemi Covid-19 telah memengaruhi sejumlah pola perilaku konsumen atau masyarakat. Mereka dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan kebiasaan baru atau akrab diistilahkan dengan new normal.

“Ketentuan menjaga jarak (physical distancing) di berbagai tempat membuat banyak orang beralih menggunakan aplikasi berbasis mobile untuk bertransaksi. Hal ini menjadi faktor utama peningkatan penggunaan aplikasi khususnya pada fitur pembayaran digital,” ujarnya dalam acara Launching One Smile, Rabu (31/03/2021).

Kehadiran platform digital ini dilatarbelakangi oleh komitmen dari perusahaan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen dalam beraktivitas secara digital. Aplikasi One Smile diharapkan dapat mempermudah aktivitas warga BSD City, baik yang tinggal di hunian yang berupa rumah tapak, unit apartemen, dan ruko yang telah terbangun.

“Warga dapat menikmati berbagi informasi yang akurat hingga pengembangan bisnis dengan mempertemukan penjual dan pembeli potensial di kawasan BSD City. Aplikasi ini sudah dapat diunduh baik di Apple App Store maupun Google Playstore dari smartphone Android,” katanya.

Salah satu kelebihan aplikasi One Smile adalah membuat transaksi offline dan online di dalam ekosistem BSD City menjadi lebih terintegrasi. Dengan demikian, aplikasi ini juga akan membuat merchant semakin memahami kebutuhan konsumen karena menjadi interaksi dengan konsumen menjadi lebih dekat.

“Merchant pelaku bisnis UMKM dan yang terakhir sensus yang kita lakukan ada sekitar 4.000 merchant, ini merupakan suatu pemberdayaan komunitas berinteraksi dengan komunitas lain,” ucapnya.

Tak hanya itu, One Smile juga memfasilitasi warga BSD City dengan fitur billing untuk melihat detail informasi tagihan, seperti Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) dan tagihan air. Terdapat pula fitur forum community untuk penghuni agar dapat saling berinteraksi dengan seluruh warga klaster BSD City. Terdapat pula fitur loyalty program dimana masyarakat dapat mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan dan dapat ditukarkan dengan sejumlah merchant di BSD City.

Sebelum merilis aplikasi One Smile, Sinar Mas Land tahun ini juga telah mengembangkan sayap ke pelayanan prop tech. Layanan berbasis digital tersebut memudahkan calon pembeli dan investor untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan salah satunya melalui e-catalogue. Melalui e-katalog tersebut, konsumen dapat melihat seluruh produk properti di Sinar Mas Land lengkap dengan ketersediaan unit, harga, fitur properti, serta tampilan 360 derajatnya.

Kecanggihan tersebut juga merupakan bagian dari upaya Sinar Mas Land dalam mentransformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city di Indonesia.

Dari segi pengembangan, Sinar Mas Land juga terus membangun kawasan berbasis digital, yaitu Digital Hub. Kawasan yang dicita-citakan menjadi Silicon Valley milik Indonesia ini dikembangkan di atas lahan seluas 26 hektare.