Sinar Mas Salurkan Bantuan Obat-obatan Untuk Korban Bencana Di NTT

Sinar Mas menyerahkan bantuan obat-obatan bagi korban bencana alam akibat siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan yang diserahkan pekan lalu itu untuk percepatan tanggap darurat.

“Bencana yang berlangsung di tengah pandemi membutuhkan penanganan yang tidak saja segera, namun juga tepat. Mudah-mudahan bantuan ini dapat mendukung pelayanan medis bagi warga yang terdampak bencana,” kata Wakil Ketua Umum Eka Tjipta Foundation yang juga Pembina Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Hong Tjhin dalam keterangannya, Rabu (21/4).

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin secara terpisah mengatakan, relawan Tzu Chi telah berada di lokasi bencana sejak Kamis (8/4) lalu guna memberikan dukungan kemanusiaan berupa layanan medis serta penyaluran kebutuhan pokok dan generator bersama pihak Polri.

“Keberadaan para relawan Tzu Chi yang memahami situasi terkini di lokasi bencana membuat penyaluran bantuan lebih mengena,” ujarnya tentang penyerahan bantuan melalui relawan.

Bencana alam juga menjadi ujian bagi kepedulian Sinar Mas yang melalui Eka Tjipta Foundation menempatkan dukungan pada pemulihan pasca bencana sebagai salah satu program sosialnya.

“Hal ini menyikapi letak geografis Indonesia yang rawan bencana. Sementara bantuan dapat berupa fisik maupun edukasi, sesuai dengan kondisi yang ada,” kata Hong Tjhin.

Sebelumnya, Oktober tahun 2018, ETF bersama Yayasan Buddha Tzu Chi serta TNI turut membantu pembangunan rumah tinggal berikut infrastruktur layanan publik seperti klinik, rumah ibadah, dan sekolah bagi korban bencana di Palu dan Donggala serta Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Kemitraan tersebut berbentuk pengiriman logistik ke lokasi restorasi yang pengamanannya dilakukan pihak TNI, kemudian berlanjut ke pembangunan infrastruktur yang dimotori oleh unit zeni TNI. 

ETF bersama Yayasan Buddha Tzu Chi juga melakukan langkah serupa dalam fase tahap tanggap darurat, maupun rekonstruksi saat gempa terjadi di Sumatera Barat dan Jambi 2010, Tasikmalaya, Jawa Barat 2009, DI Yogyakarta-Magelang 2006, dan Aceh–Nias pasca tsunami melanda 2004.

Dari sisi pemahaman mitigasi bencana alam, ETF 2006 menerbitkan buku berjudul Disaster Management di Negeri Rawan Bencana, yang berisi rujukan penanganan bencana yang berkelanjutan. ETF sendiri adalah lembaga yang mewadahi pelaksanaaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang berada di bawah naungan Sinar Mas.

Sumber: Rakyat Merdeka