SehatQ Berikan Layanan Telemedicine Gratis Untuk Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Pemerintah bekerja sama dengan 11 layanan daring ”telemedicine” – SehatQ di antaranya – untuk memberikan pelayanan kesehatan berupa konsultasi dan pengiriman obat terapi bagi pasien isolasi mandiri Covid-19.

Kerja sama itu dilatarbelakangi meningkatnya angka kematian orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 ketika menjalani isolasi mandiri di rumah. Data terakhir menyebutkan sebanyak 311 pasien meninggal di antaranya setelah pihak keluarga kesulitan mencari rumah sakit untuk merawat pasien.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mengimbau pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan agar melakukan isolasi mandiri di baik rumah maupun karantina terpusat di pusat isolasi. Kemenkes memastikan pasien isoman tetap memperoleh layanan kesehatan yang dikerjasamakan dengan 11 platform telemedicine atau konsultasi kesehatan secara virtual.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pasien Covid-19 butuh konsultasi kesehatan dan menerima layanan pengobatan dengan benar.

“Maka kami bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Kami dibantu teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kemenkes,” kata Menkes dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7/2021) kemarin.

Melalui layanan tersebut, RS bisa melakukan screening awal terhadap pasien dengan gejala sedang dan berat, termasuk pemberian paket obat-obatan melalui fasilitas pelayanan kefarmasian.

“Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis,” ujar Widyawati, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan.

Sebelas platform telemedicine tersebut antara lain SehatQ, Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Klikdokter, Klinikgo, Link Sehat, Milik Dokter, Prosehat, dan Yesdok.

Tak hanya itu, platform telemedicine ini juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.