Sudah Berapa Lama Anda Bekerja di Sinar Mas?

Bekerja merupakan bagian dari kehidupan. Setiap orang yang baru lulus dari sekolah menengah atas atau kuliah pasti akan memutuskan untuk mencari pekerjaan.

Dalam bekerja, setiap orang punya tujuan masing-masing. Ada yang ingin mencari penghasilan, mencari pengalaman, mengejar karir, memperluas koneksi, atau bahkan sekadar untuk aktualisasi diri. Tujuan tersebut nantinya akan memengaruhi karir di masa depan.

Rasanya tidak ada yang mengharapkan pekerjaan pertama kemudian menjadi pekerjaan terakhir. Dengan kata lain, pada titik tertentu, seseorang pasti akan memutuskan untuk pindah bekerja dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Tujuannya, untuk memperoleh bayaran yang lebih besar dan pengembangan pribadi. Hanya saja pertanyaannya kapan hal tersebut bisa kita lakukan?

Suzy Welch, seorang jurnalis dan penulis asal Amerika Serikat, dalam sebuah artikel di CNBC mengatakan, “Menurut pendapat saya, waktu yang wajar untuk meninggalkan pekerjaan Anda dari pekerjaan sebelumnya adalah tiga hingga lima tahun. Semakin lama Anda tinggal di satu perusahaan akan semakin banyak manajer perekrutan mulai bertanya, Dapatkah calon ini menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, kecepatan yang berbeda, cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu?”.

Welch menyarankan pada karyawan untuk mulai memikirkan dan mengambil tentang langkah karir mereka kedepannya pada usia masa kerja setidaknya ketika memasuki tahun ketiga. Itu akan memberi Anda cukup waktu untuk meng-update resume Anda.

Namun, Welch memperingatkan, ada satu pengecualian untuk garis waktu tiga atau lima tahun tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lakukan saat ini sudah sesuai passion, dan Anda bisa melihat jalur yang bisa dicapai untuk menuju ke puncak karir, maka tetaplah bertahan. Sebab, tidak ada alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang Anda sukai jika itu memiliki masa depan yang menyenangkan bagi Anda.

“Tetapi jika seperti kebanyakan orang, Anda tahu bahwa kepergian Anda hanya masalah waktu, jangan tanya siapa yang membunyikan lonceng. Pada usia lima tahun, itu adalah waktunya untuk Anda,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, tim Creative dan Social Media Sinar Mas membuat satu video bertajuk “Berapa lama kamu sudah bekerja di Sinar Mas?”. Video ini berisi informasi singkat dari beberapa karyawan Sinar Mas mengenai masa kerja mereka. Tidak disangka, video ini berhasil viral di media sosial dengan ditonton lebih dari 1,5 juta kali.

Anda bisa menyaksikan videonya di sini (Instagram) atau di sini (TikTok).

Jadi, berapa tahun Anda sudah bekerja di Sinar Mas?