Inovasi Eka Hospital Untuk Dunia Kesehatan Indonesia

Berkembang pesatnya kemajuan teknologi membuat Eka Hospital terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya di Indonesia.

Inovasi Eka Hospital terus meningkat dari segi pelayanan kepada pasien hingga pengembangan penelitian & pengetahuan yang dibuktikan dengan hadirnya berbagai inovasi teknologi kesehatan. Inovasi yang dilakukan terbukti telah membantu banyak masyarakat indonesia dan diakui oleh rumah sakit internasional.

Berikut beberapa inovasi Eka Hospital dalam bidang kesehatan, di antaranya adalah:

1. Mesin Canggih Bantu Operasi Tulang Belakang

Inovasi Eka Hospital yang pertama diwujudkan melalui kehadiran pusat ortopedi berteknologi tinggi bernama Gatam Institute Orthopedic and Spine. Dengan Gatam Institute Orthopedic and Spine, Eka Hospital menjadi penyedia pusat ortopedi berteknologi tinggi di Asia Tenggara. Oleh karena itu, tidak salah jika Eka Hospital ditetapkan sebagai rumah sakit percontohan wisata medis untuk bidang ortopedi dan tulang belakang oleh Perkedwi dan Kemenparekraf RI. 

Di Gatam Institute, Eka Hospital menghadirkan mesin O-arm dengan seri O-arm 2 yang merupakan seri tercanggih untuk mendukung operasi tulang belakang, khususnya skoliosis. Mesin ini menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia dengan berbagai keunggulan.

Eka Hospital Hadirkan Teknologi Canggih O-Arm

Adapun mesin O-arm memiliki keunggulan seperti, gambar lebih detail, biaya lebih terjangkau, tidak diperlukan CT Scan praoperasi, hasil real time, dan juga penggunaan dosis radiasi yang lebih rendah menjadikan mesin O-arm disebut sebagai perfect partner untuk tindakan operasi teknik robotik.

dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine, Dokter Spesialis Ortopedi, Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD mengatakan bahwa hadirnya O-arm menjadi kombinasi yang pas sebab jika tanpa gambar yang berkualitas, ketepatan robot dalam melakukan operasi tulang belakang akan menurun dan itu sangat berbahaya apalagi dalam kasus skoliosis.

Beberapa operasi tulang belakang telah dilakukan di Eka Hospital menggunakan teknik robotik ini.

 

2. Unit Layanan Jantung & Pembuluh Darah MY Cardia

Selain menghadirkan robot dan mesin canggih untuk operasi tulang belakang, inovasi Eka Hospital juga merambah ke Unit Layanan Jantung & Pembuluh Darah yang disebut MY Cardia. Eka Hospital menjadi satu-satunya institusi rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pelayanan gangguan jantung dan pembuluh darah dengan teknologi Cryo Ablation.

Cryo Ablation Technology menggunakan energi dingin atau Cold Energy yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan irama jantung atau Atrial Fibrilasi yang terjadi akibat kekacuan listrik di serambi kiri jantung, sehingga darah tidak terpompa dengan baik ke bilik kiri.

“Teknologi ini dianggap tindakan yang aman dan efektif, karena tidak perlu adanya pembukaan dada dan sayatan besar. Sehingga risiko komplikasi akan jauh lebih kecil,” tutur Chairman MY Cardia Eka Hospital, DR. Dr. Muhammad Yamin, Sp.JP (K), Sp.PD,FACC,FSCAI.

 

3. Jalin Kerja Sama Dengan Cedars Sinai Hospital

Inovasi Eka Hospital juga turut diimbangi dengan peningkatan kemampuan tenaga kesehatan, terutama dalam hal penanganan kegawatdaruratan. Oleh sebab itu, Eka Hospital resmi bekerja sama dengan Cedars Sinai Hospital. Salah satu rumah sakit terbaik di Amerika yang berlokasi di Los Angeles, California itu telah melayani pasien kesehatan selama 100 tahun.

Kerja sama antara Eka Hospital dengan Cedars Sinai Hospital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan Eka Hospital terkait penanganan kegawatdaruratan dan quality improvement.

Eka Hospital jalan kerja sama dengan Cedars-Sinai Hospital.

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama antarinstitusi tersebut dilakukan Chief Operation Officer Eka Hospital, Drg. Rina Setiawati dan Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital, Dr. Heitham Hassoun, di The Westin Jakarta, pada Rabu (24/8/2022).

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD,Ph.D juga mengatakan, kerja sama yang akan berlangsung selama tiga tahun ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit di Indonesia agar bisa setara dengan rumah sakit di luar negeri.

Dengan inovasi, Eka Hospital percaya bahwa dengan adanya tenaga kesehatan yang berkualitas dan teknologi yang canggih, Eka Hospital mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bersaing secara global.

Tidak salah memang jika Eka Hospital didapuk penghargaan “The Most Innovative Hospital 2021” pada Kategori The Best Healthcare Companies yang diselenggarakan CNBC Indonesia dalam ajang CNBC Awards 2021 pada Oktober 2021 lalu.

Sukses terus, Eka Hospital!