Cara Tzu Chi Sinar Mas Memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja

Dalam rangka memperingati 100 tahun Eka Tjipta Widjaja, seluruh pilar bisnis Sinar Mas turut berpartisipasi, termasuk Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Sinar Mas.

Yayasan Buddha Tzu Chi adalah sebuah yayasan yang beraktivitas di ranah amal, layanan kesehatan, pendidikan serta kebudayaan, dengan berlandaskan welas asih dan kemurahan hati, melalui kekuatan para relawannya yang bergerak bersama-sama. Tzu Chi Cabang Sinar Mas menjadi wadah relawan Tzu Chi Indonesia di kelompok usaha Sinar Mas yang menerapkan filosofi hidup pantang menyerah dari Eka Tjipta Widjaja untuk terus membantu dan memberikan manfaat kepada sesama umat manusia.

Adapun tiga kegiatan utama yang menjadi fokus dari Tzu Chi Cabang Sinar Mas, diantaranya sebagai berikut:

1. Kegiatan Donor Darah dan Celengan Bambu

Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Sinar Mas tersebar di 89 lokasi dengan jumlah pendonor darah lebih dari 1.000 orang. Kegiatan donor darah ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat, hal ini ditandai dengan tingginya antusiasme para pendonor, seperti yang terjadi di Tzu Chi cabang Batam yang berhasil mengumpulkan 147 kantong darah.

Antusiasme karyawan dan rekanan untuk mengikuti donor darah di Employee Facility Sinar Mas Downstream Lampung dalam rangka peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja.

Selain donor darah, kegiatan berbuat baik yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Sinar Mas ialah kegiatan celengan bambu. Celengan bambu mengandung semangat bahwa siapa pun dapat beramal sekalipun dengan dana kecil. Dari dana yang terhimpun melalui celengan bambu, Tzu Chi Sinar Mas kemudian menyalurkannya kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama dari keluarga tidak mampu. Misalnya untuk biaya pengobatan, pendidikan, bedah rumah, dan warga yang menjadi korban bencana alam.

Irwan Tirtariyadi, Head of Upstream Sinar Mas Agribusiness and Food menuangkan celengan bambu sebelum melakukan donor darah

2. Penanaman Pohon

Menebar kebaikan tidak hanya kepada sesama manusia saja akan tetapi bisa dilakukan dengan wujud kepedulian terhadap lingkungan untuk menjaga bumi. Kondisi pemanasan global yang belum juga membaik, mendorong relawan Tzu Chi Sinar Mas untuk menunjukkan rasa peduli terhadap kondisi lingkungan di sekitar dengan kegiatan penanaman pohon. Salah satunya yang dilaksanakan pada 17 Februari 2022 di Sungai Citarum yang berada di Desa Andir, Kec. Baleendah, Kab. Bandung.

Relawan menyiapkan sebanyak 500 bibit pohon Salam untuk ditanam di sepanjang bantaran Sungai Citarum tepatnya di wilayah sektor 7 dari 10 sektor Program Citarum Harum yang digalakan Pemprov Jabar. Kegiatan ini tidak hanya diikuti relawan Tzu Chi dan prajurit TNI saja, namun para warga setempat juga ikut menanam bibit pohon. Diharapkan kegiatan ini dapat berdampak baik untuk lingkungan sekitar dan dapat dilestarikan oleh warga setempat.

Total 101.517 pohon telah ditanam oleh relawan Tzu Chi Sinar Mas dalam rangka memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja.

3. Bakti sosial 5KM (Katarak, Bibir Sumbing, dan Hernia)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung, melakukan misi kemanusiaannya untuk menolong para penderita katarak, bibir sumbing, dan hernia yang bertempat di Rumah Sakit TK IV 02.07.04 Bandar Lampung. Dari 43 calon pasien, sebanyak 32 pasien dinyatakan lolos untuk menjalani tindakan operasi yang dilakukan secara bertahap.

Pendampingan yang dilakukan relawan selama proses bakti sosial ini diapresiasi Mayor CKM dr. Usman Alkaff, SpPD., FINASIM, Kepala Rumah Sakit TK IV 02.07.04 Bandar Lampung. Beliau mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Sinar Mas sangat luar biasa karena melayani dengan tulus hati dan ikhlas.

Salah satu peserta baksos operasi katarak dibantu relawan sesaat setelah diperiksa dokter.

Secara keseluruhan, relawan Tzu Chi Sinar Mas telah melayani 233 pasien katarak, bibir sumbing dan hernia sepanjang peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja.

Tiga kegiatan baik yang telah dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Sinar Mas diharapkan dapat membawa manfaat bagi para penerimanya. Semoga semangat pantang menyerah untuk terus menebarkan semangat cinta dan kasih selalu menyertai kita semua ya, Sahabat Sinar Mas!