Jelang Ramadan, Sinar Mas Kembali Gelar Bazaar Minyak Goreng

Menjelang bulan Ramadan 1444 H, Sinar Mas kembali menggelar Bazar Minyak Goreng Ramadan (BMGR) 2023 di sejumlah kota di Indonesia. Kegiatan ini melibatkan pilar-pilar usaha Sinar Mas dengan menggandeng berbagai pihak.

Kegiatan ini diawali dalam acara Musyawarah Wilayah Ke-4 Muhammadiyah dan Aisyiyah Provinsi Banten pada Sabtu (25/2/2023). Sinar Mas menyediakan 3.000 liter minyak goreng murah seharga Rp15.000 per liter bagi masyarakat sekitar. Selain bazar minyak goreng, Sinar Mas melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Serang mewakafkan 1.000 Alquran.

Suasana Bazaar Minyak Goreng Sinar Mas di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten, Sabtu (25/2/2023)

Acara yang berlangsung di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten ini turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Banten Al Muktabar, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Banten Ima Ni’mah Chudori, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Syamsuddin, unsur pimpinan Muhammadiyah Banten, serta unsur muspida provinsi Banten.

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto ikut menghadiri Bazaar Minyak Goreng di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten, Sabtu (25/2/2023)

Head of Public Affairs IKPP Serang, Arif Mahdali mengatakan bahwa kegiatan BMGR merupakan bentuk kepedulian Sinar Mas kepada sesama, sekaligus mendukung upaya pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat akan minyak goreng kemasan.

Ia menambahkan, “Program Wakaf Quran ini merupakan upaya kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Hal ini juga merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Alquran di tanah air.”

“Terima kasih kepada Sinar Mas yang tak pernah lelah diminta atau tidak diminta pasti akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat melalui bazar murah ataupun kegiatan yang lain,” ungkap Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.

Bazar Minyak Goreng di Yogyakarta

Kegiatan BMGR 2023 juga menyambangi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ribuan warga Jogja mendatangi BMGR di halaman Grha Harian Jogja pada Kamis (2/3/2023). Kegiatan yang digelar Sinar Mas bersama Harian Jogja tersebut sekaligus sebagai rangkaian kegiatan HUT Harian Jogja ke 15 pada tahun ini.

Suasana BMGR di halaman Grha Harian Jogja pada Kamis (2/3/2023)

Senior Advisor Sinar Mas Ahmad Rusdi mengatakan kegiatan tersebut merupakan kali ketiga digelar di Harian Jogja. Terlebih animo warga mengikuti kegiatan bazar minyak goreng Sinar Mas sangat tinggi.

Ia menambahkan Sinar Mas menyalurkan sebanyak 7.000 liter untuk wilayah DIY. Terdiri atas 3.000 liter Kota Jogja penyaluran berlangsung di Kantor Harian Jogja, Kamis (2/3/2023); 2.000 liter disalurkan di Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih Kulonprogo pada Kamis (2/3/2023); dan di Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul sebanyak 2.000 liter pada Jumat (3/3/2023).

Secara nasional, lanjut Rusdi, kegiatan yang sama akan digelar di banyak daerah baik di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Kegiatan Bazar Minyak Goreng Ramadan Sinar Mas tersebut digelar menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. Selain untuk membantu masyarakat, kegiatan bazar bisa menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat. Ini menjadi perhatian kami untuk berbagi rasa terutama menjelang puasa Ramadan dan Idulfitri,” katanya.

Selain menyalurkan minyak goreng, Sinar Mas juga mewakafkan 1.000 eksemplar Alquran hasil produksi Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

“Tahun ini, harga minyak goreng memang tidak terlalu langka dan harganya tidak seperti tahun lalu. Tetapi saya rasa kegiatan ini tetap penting untuk memberikan akses distribusi langsung kepada masyarakat. Terutama masyarakat di sekitar Harian Jogja,” jelas Presiden Direktur PT Aksara Dinamika Jogja (ADJ) Arif Budisusilo.

Dia berharap, kegiatan yang sama juga bisa digelar lebih luas lagi agar jumlah sasaran penerima bertambah banyak.

“Mudah-mudahan kolaborasi antara Sinar Mas dengan Harian Jogja bisa terus berjalan dan skalanya bisa lebih diperluas lagi,” katanya.

Tri Wulandari, warga Cokrokusuman Jogja mengaku senang dengan kegiatan bazar minyak goreng Ramadan yang digelar oleh Sinar Mas tersebut. Menurutnya, harga minyak Filma selama kegiatan bazar sangat murah dibandingkan harga di pasaran.

“Saya biasanya sehari bisa menghabiskan dua liter untuk stik kentang di kantin sekolah,” tandasnya saat ditanya terkait penggunaan minyak goreng sehari-hari.

Seputar Bazaar Minyak Goreng dan Wakaf Alquran

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok yang ketersediaan dan harganya perlu dijaga, terutama di bulan Ramadan. Untuk itu, Sinar Mas mengadakan Bazaar Minyak Goreng setiap tahunnya di berbagai kota.

Acara ini digelar sejak 2005 di berbagai kota di Indonesia sebagai komitmen untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan minyak goreng selama bulan Ramadan. Di setiap titiknya, minyak goreng kemasan FILMA dan Kunci Mas dijual dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, Sinar Mas telah mendistribusikan lebih dari 30 juta liter minyak goreng di berbagai daerah.

Karena dianggap telah membantu kehidupan masyarakat, acara Bazaar Minyak Goreng Sinar Mas pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2008 sebagai perusahaan yang konsisten dan berkesinambungan menyalurkan minyak goreng murah bagi kaum miskin.

Sementara itu, Alquran yang diwakafkan merupakan dukungan dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Seluruh kertas Alquran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi pencetakan kitab suci dan buku agama.

Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

Di bawah naungan Yayasan Muslim Sinar Mas, kegiatan Wakaf Alquran telah menyalurkan lebih dari 1,2 juta Alquran, 200 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

Suasana kegiatan Bazar Minyak Goreng Ramadan Sinar Mas pada tahun lalu bisa disaksikan pada video berikut ini.