Resmi, Sinar Mas Jadi Sponsor Baru Timnas Sepakbola Indonesia

Sinar Mas resmi menjadi salah satu sponsor tim nasional sepakbola Indonesia. PSSI melakukan seremoni pengenalan sponsor-sponsor timnas Indonesia pada acara Signing Ceremony PSSI Partner Summit di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Dalam acara tersebut, sebanyak 12 sponsor diperkenalkan PSSI, di antaranya adalah Sinar Mas, PT Freeport Indonesia, BRI, Astra Financial, Indosat Oredoo, dan Indomilk. PSSI Partner Summit sekaligus signing ceremony dengan para sponsor. Sebagai bentuk terima kasih PSSI, para sponsor mendapatkan kostum resmi timnas Indonesia dengan tanda tangan skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menerangkan bahwa jumlah dana dari mitra PSSI saat ini sekitar Rp250 miliar. Dana dari sponsor tersebut diharapkan bisa untuk pembinaan di Indonesia.

“Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan dana dari pemerintah. Harus ada kombinasi juga dari swasta. Total dana atau sponsor yang kita buatkan acara seremoni malam ini sekitar Rp250 miliar. Sebenarnya kerja sama sponsor dengan PSSI sudah beberapa waktu lalu, tapi baru malam ini kita buatkan seremoni,” katanya.

Erick kemudian menegaskan bahwa penandatanganan perjanjian dengan sponsor baru adalah komitmen PSSI untuk menjadikan sepak bola Indonesia sebagai olahraga yang profesional, transparan, dan bebas dari tindakan kekerasan atau manipulasi skor.

Ketua Umum PSSI meresmikan Sinar Mas sebagai sponsor timnas Indonesia dalam acara PSSI Partner Summit di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (27/9/2023). Hadir Managing Director Sinar Mas Ferry Salman dan Saleh Husin

“Sponsor kini mulai percaya pada transformasi sepak bola dan transparansi dari PSSI. Mereka ingin memastikan bahwa merek mereka tidak terkait dengan tindakan kekerasan atau manipulasi permainan. Untuk menjadikan industri olahraga seperti negara-negara lain, hal ini harus diperbaiki,” ujar Erick.

Beberapa perusahaan sponsor tersebut, yaitu PT Freeport Indonesia (sponsor utama resmi tim nasional Indonesia), Sinar Mas (sponsor resmi tim nasional Indonesia), BRI (sponsor resmi tim nasional Indonesia), Indosat (sponsor resmi tim nasional Indonesia), Indofood (sponsor resmi tim nasional Indonesia), Astra Financial (sponsor resmi tim nasional Indonesia), RCTI (penyiar resmi), Tiket.com (mitra penjualan tiket resmi), dan Mitra Orphys by Mitra Keluarga (mitra medis resmi PSSI).

Managing Director Sinar Mas Ferry Salman mengungkapkan bahwa Sinar Mas merasa terhormat mendapatkan kesempatan mendukung tim nasional sepak bola Indonesia.

“Kami merasa sangat bangga berkesempatan turut memajukan timnas sepak bola Indonesia. Di bawah kepemimpinan Pak Erick, akhir-akhir ini kita terus mendengar kabar kemenangan timnas. Kami yakin di bawah kepemimpinan Pak Erick, dengan dukungan berbagai pihak, Tim Garuda bisa terbang lebih tinggi lagi,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Ferry menambahkan, bergabungnya Sinar Mas sebagai salah satu sponsor resmi Tim Nasional Sepakbola Indonesia, yang tersimbolisasikan pula lewat tagar #BersamaGaruda, berlatarkan keyakinan jika sepak bola adalah alat pemersatu dan hiburan yang sangat berdaya.  Menguatnya gairah masyarakat dalam memberikan dukungan, dapat menjadi energi positif yang membawa prestasi Timnas secara bertahap juga semakin meningkat.

Optimisme PSSI

Erick berharap bahwa dukungan keuangan yang signifikan dari sponsor baru ini akan membantu perkembangan sepak bola Indonesia, sebagaimana yang telah terjadi di Amerika Serikat dengan kedatangan bintang-bintang seperti Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Jordi Alba yang memperkuat klub Inter Miami di Major League Soccer (MLS).

Erick juga optimistis bahwa sepak bola Indonesia akan mengalami perkembangan yang positif di bawah kepemimpinannya, dengan meningkatnya minat masyarakat terbukti dari pembicaraan di media sosial dan rating TV yang tinggi selama pertandingan sepak bola terakhir.

“Program yang terus kita upayakan berlangsung dengan baik di antaranya pembenahan liga untuk lebih baik, pembentukan timnas Indonesia yang tangguh. Serta yang tak kalah penting adalah membangun tim muda secara menyeluruh dan berkesinambungan,” pungkasnya.