Hijaukan Jabodetabek, Sinar Mas Tanam Ratusan Pohon

Dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon Sedunia, sektor swasta dan pemerintah melakukan penanaman dalam Gerakan Tanam Pohon Bersama di Hutan JIEP Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023) yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Sinar Mas melalui Sinar Mas Land dan Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan dukungannya dengan menanam ratusan pohon di sejumlah lokasi, seperti TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, serta Rusun Rorotan dan Hutan Kota Waduk Cincin di Jakarta Utara. Dalam penanaman turut hadir Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Sinar Mas mendedikasikan beragam jenis tanaman seperti pohon tanjung, bungur, bungur merah, spathodea, dan pohon trembesi.

Managing Director Sinar Mas Ferry Salman mengungkapkan bahwa penghijauan merupakan salah satu cara yang efektif yang dapat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Menghijaukan bumi bukanlah tugas satu entitas saja, namun juga tugas bersama seluruh masyarakat. Melalui seluruh pilar usaha, kami berupaya tak sekadar menanam, namun juga memelihara tanaman itu, dengan melakukannya lewat perusahaan, sebagai karyawan, dan juga selaku pribadi, di sekitar tempat tinggal. Kegiatan ini kami harapkan memberikan dorongan moral dan inspirasi kepada berbagai pihak untuk turut andil dalam menghijaukan dan melestarikan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan pihak swasta dan pemerintah ini.

“Ini adalah dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, mengantisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama-sama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat dan utamanya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta seluruh pemerintah di Jabodetabek, seluruh perusahaan yang ikut berpartisipasi,” ucap Presiden.