2017, CSR SML Fokus Pendidikan dan Masyarakat

Sinar Mas Land (SML) melalui PT BSD Tbk berencana fokus di tiga bidang untuk program Corporate Social Responsibility (CSR) 2017. Fokus itu antara lain pendidikan, pengembangan komunitas, dan lingkungan.

Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena mengatakan Ketiga bidang tersebut merupakan persoalan vital. Bila dikelola dengan baik, maka perusahaan, masyarakat, dan lingkungan sekitar dapat tumbuh dan berkembang bersama.

Ia menyatakan pendidikan yang baik akan membentuk generasi masa depan yang lebih baik, yang siap meneruskan dan meningkatkan pembangunan yang telah dicapai. Tak kalah penting adalah pengembangan komunitas atau masyarakat, agar mereka bukan hanya menjadi obyek pembangunan, tetapi juga bisa menjadi pelaku sekaligus menikmati hasil dari pembangunan.

“Sedangkan fokus di bidang lingkungan dengan maksud menjamin keberlangsungan bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi generasi berikut,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12).

Lebih jauh Syukur menjelaskan, di bidang pendidikan, SML akan terus mengoperasikan Rumah Pintar BSD City, sebagai sentra mengembangkan pendidikan non-formal, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian budaya lokal. Ada pula Program Bantuan Pendidikan berupa beasiswa bagi anak-anak sekolah di sekitar proyek pengembangan SML.

Masih di bidang pendidikan, SML memiliki agenda rutin berupa Festival Pendidikan yaitu pemberian bantuan dana pendidikan bagi pelajar berprestasi di sekitar proyek SML. Selain itu, Festival Ramadhan yaitu aktivitas keagamaan di bidang pendidikan, seni dan budaya yang bernuansa islami serta santunan bagi anak-anak kurang mampu.

Sementara di bidang pengembangan komunitas, SML memiliki program Pelatihan dan Peningkatan Skill Komunitas, yang ditujukan bagi masyarakat sekitar proyek SML untuk mendapatkan keterampilan dan keahlian guna mendukung kemandirian ekonomi.

SML, ucap dia, juga setiap tahun melakukan Program Bedah Masjid dan Bedah Sekolah, yang membantu menambah fasilitas, pembangunan infrastruktur atau renovasi bangunan masjid dan sekolah di sekitar proyek SML. “Kami juga memberi bantuan dana guna mendukung kegiatan ormas, LSM, dan komunitas di sekitar proyek SML, termasuk memberikan sumbangan hewan kurban setiap menjelang Hari Raya Idul Adha,” ujar Syukur.

Di bidang lingkungan, SML memiliki program Festival Hijau, yang berisi kegiatan perusahaan dalam mengkampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, gerakan moral, penghargaan, dan promosi, terhadap semua aspek lingkungan hidup. Kegiatan ini melibatkan pemda setempat, komunitas, ormas, dan seluruh komponen masyarakat. Dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia setiap Juni

(Sumber: Republik )